Liga 1 2018 Tetap Pakai Wasit Asing, Tapi ...

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 23 Maret 2018
Liga 1 2018 Tetap Pakai Wasit Asing, Tapi ...
COO PT Liga Indonesia Baru, Tigor Shalomboboy. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Chief Operation Oficer (COO) PT Liga Indonesia Baru, Tigor Shalomboboy, menjelaskan bahwa Liga 1 2018 akan tetap menggunakan wasit asing. Ini seperti pada musim lalu.

Wasit asing didatangkan menyusul banyaknya kekecewaan terhadap kepemimpinan wasit lokal. Melalui PSSI, wasit asal Australia, Kirgistan, Jepang, Iran hadir dan memimpin laga Liga 1 2017.

Wasit yang datang dari satu negara biasanya satu paket. Selain wasit tengah, asisten wasit dari negara yang sama didatangkan. Didatangkannya wasit asing tak sepenuhnya mendapat dukungan dan seiring waktu berjalan protes bermunculan.

"Soal wasit asing, kami komunikasi dengan PSSI sebagai yang punya perangkat. Sampai saat ini, kami intens berkomunikasi dengan PSSI terkait wasit asing," kata Tigor Shalomboboy.

Jumlah wasit asing yang akan didatangkan tidak banyak seperti musim lalu. PSSI ingin mendorong wasit lokal tampil, apalagi setelah menjalankan program pengembangan, termasuk dengan mendatangkan mantan wasit Jepang, Toshiyuki Nagi.

"Kebijakan itu (mendatangkan wasit asing) tahun lalu dari PSSI. Walaupun kemungkinan tidak sebesar musim lalu, karena PSSI punya program pengembangan. Jadi kemungkinan wasit asing lebih kecil dari musim lalu," jelas Tigor.

Tigor Shalomboboy juga menjelaskan bahwa PT LIB juga akan membantu penerapan teknologi dalam kepemimpinan wasit. "Teknologi bukan hanya di Eropa, di Asia juga sudah dipakai. Mungkin bersama dengan PSSI kami akan memesan (alat bantu)."

"Itu sebagai kontribusi kami. Kami ingin terlibat dalam pengembangan yang dilakukan PSSI. Seperti lewat alat bantu wasit, spray, serta papan pergantian elektronik," tambahnya.

Liga 1 PT Liga Indonesia Baru Wasit Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan