BolaSkor.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memastikan bahwa Polri mendukung bergulirnya lanjutan Liga 1 2022/2023. Hal ini disampaikan dalam konferensi pers bersama Menko Polhukam Mahfud MD dan Menpora Zainudin Amali, Senin (5/12).

Liga 1 2022/2023 akan dilanjutkan dengan sistem bubble atau terpusat di Jawa Tengah dan Yogyakarta, di mana lima stadion disiapkan yakni Jatidiri Semarang, Manahan Solo, Moch. Soebroto Magelang, Maguwoharjo Sleman, dan Stadion Sultan Agung Bantul. Penyelenggaraan berlangsung tanpa penonton.

"Polri dari awal sangat mendukung kompetisi, iklim kompetisi dan kegiatan olahraga, khususnya sepak bola di Indonesia," kata Listyo.

Baca Juga:

Ian Andrew Tegaskan Kesiapan PSIS Semarang untuk Kalahkan Madura United

Liga 1 Jalan Lagi, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Ikut Senang

Listyo menambahkan bahwa evaluasi menyusul tragedi Kanjuruhan sudah dilakukan sesuai perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Adapun Mahfud MD menjelaskan bahwa reformasi sepak bola nasional sudah berlangsung sesuai kesepakatan pemerintah, FIFA dan PSSI.

"Baik penyelenggaraan, kesiapan stadion, dan keamanan. Kami sudah rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan perbaikan sesuai dengan arahan bapak Presiden," tambah Listyo.

"Khusus Polri beberapa waktu lalu sudah keluarkan Perpol no 10 tahun 2022 terkait dengan pengamanan olahraga dan mengatur pengamanan penyelenggaraan sepak bola. Di dalamnya ada beberapa perbaikan, baik sistem evaluasi, perizinannya, dan metode dan kesiapan rangkaian pengamanan. Mulai sebelum, pada saat, dan setelah kegiatan," tambahnya.

Listyo menyampaikan dukungan bergulirnya liga sejalan dengan pernyataan Zainudin Amali. Bergulirnya liga penting untuk kemajuan tim nasional.

"Kompetisi sepak bola diteruskan yang terhenti dan jadwal yang sudah ada tentu berdasarkan koordinasi dengan Polri, PSSI dan PT LIB akan laksanakan dengan panduan ketat," terang Amali.

"Kompetisi sangat dibutuhakan timnas. Kita akan hadapi AFF, kita akan main di Piala AFF. Kemudian kedua persiapan kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. tahun 2023. Mereka sekarang sedang dilatih pelatih kita Shin Tae-yong, setelah itu akan dikembalikan lagi. Di situlah dibutuhkan kompetisi agar mereka dapat atmosfer kompetisi."

"Itu juga pertimbangan dari pemerintah. Menko sampaikan rekomendasi dari TGIPF sudah berjalan dan akan dipantau terus," sambungnya.

Ada empat pertandingan yang dijadwalkan digelar pada Senin (5/12) sekaligus menandai bergulirnya kembali Liga 1. Masing-masing Bhayangkara FC melawan PSS Sleman, Madura United kontra PSIS Semarang, PSM Makassar menghadapi Persikabo 1973, dan Persita Tangerang versus Bali United.

Liga 1 2022/2023 sudah berhenti sejak 2 Oktober. Atau sehari setelah tragedi di Stadion Kanjuruhan, yang merenggut 135 korban jiwa.