BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan mengupayakan Liga 1 kick off dan selesai sesuai rencana. Kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu dijadwalkan mulai pada 27 Juli 2022 dan berakhir Maret 2023.

Kendati demikian, bukan berarti PT LIB tidak memiliki hambatan untuk merealisasikan rencana tersebut. Sebab, mulai pertengahan tahun sampai akhir tahun nanti banyak agenda tim nasional menanti.

Misalnya, pada bulan September ada FIFA Matchday dan Asian Games Guangzhou 2022. Selain itu, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 juga akan berlangsung pada September.

Dua bulan kemudian, mulai 21 November 2022 turnamen sepak bola paling akbar, Piala Dunia di Qatar akan dimulai. Setelah Piala Dunia 2022, pada akhir Desember akan berlangsung Piala AFF sampai Januari 2023.

Baca Juga:

PT LIB Rencanakan Liga 1 Musim Depan Dihadiri 100 Persen Penonton

PT LIB Berencana Gelar Pramusim Liga 1 pada Juni 2022

Dengan agenda yang sangat padat itu, PT LIB berencana tetap menggulirkan Liga 1 saat Piala Dunia 2022 berlangsung. Padahal biasanya hampir semua kompetisi di belahan dunia akan diliburkan demi ajang empat tahunan tersebut.

"(Kick off) 27 Juli itu kami tetap ingin selesai pada Maret (2023), bahkan itu juga ada satu konsekuensi pada saat misalnya Piala Dunia, di situ memang harus main, tapi main pas jadwal Piala Dunia sedang kosong, kami selipkan," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

Akan tetapi, kebijakan Liga 1 tetap bergulir hanya pada saat Piala Dunia 2022. Sedangkan ketika Piala AFF 2022 berlangsung, kompetisi akan dihentikan untuk sementara waktu.

"Kami perlu main (saat Piala Dunia 2022 berlangsung), itu yang kemudian bisa kami selipkan untuk kami bisa selesai pada Maret, itu sudah kami lihat-lihat juga semua agenda itu. Kalau Piala AFF (2022), (kompetisi) setop," ujar Sudjarno.