BolaSkor.com - PSSI menyebut AFC dan FIFA akan memberikan keluasaan mengenai bursa transfer lanjutan Liga 1 2020 yang akan bergulir pada Februari 2021.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menunda Liga 1 dan Liga 2 2020 sampai Februari 2021, karena tidak mendapat izin Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Mengingat kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi, dan ada beberapa agenda nasional seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Desember 2020.

Banyak pemain asing yang hengkang, imbas dari penundaan Liga 1. Kontrak mereka habis rata-rata pada Desember 2020. Di mana, semulanya Liga 1 akan berakhir pada bulan tersebut.

Sebelum ditunda, PSSI sempat mendaftarkan ke FIFA terkait bursa transfer kedua pada 21 September-18 Oktober khusus untuk pemain asing. Jadwal itupun sudah tercantum Transfer Machine System (TMS) FIFA.

"Dalam situasi pandemi, seluruh federasi Asia (AFC) sama dengan FIFA memberikan keleluasaan, andaikan jadi kita waktu itu transfer pemain diminta dipercepat yang Oktober itu," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Baca Juga:

Transfer Bagus Kahfi ke FC Utrecht Alami Kendala, PSSI Beri Respons

TC Timnas Indonesia U-19 ke Luar Negeri Tunggu Beberapa Hari Lagi

"FIFA dan AFC itu sangat memahami situasi pandemi ini, mereka tidak kaku soal masalah bursa transfer untuk kondisi saat ini. Mereka memberikan keleluasaan," tambahnya.

Sejauh ini, PSSI mengaku belum mengajukan jadwal baru bursa transfer ke FIFA. Pasalnya, PSSI masih menunggu keputusan izin Polri soal kompetisi.

"Kami belum minta (jadwal baru bursa transfer) nih untuk kick-off 1 Februari, kami belum mengajukan. Mungkin kami akan mengajukan laporan ke FIFA itu setelah Pilkada sekaligus melapor ke AFC bahwa kami akan melanjutkan kompetisi di tanggal ini, segini, dan lain-lain," tutur Yunus Nusi.

"Lalu setelah itu kami mengajukan permohonan TMS. Belum bisa berandai-andai apakah membuka transfer tengah musim atau bagaimana," tambahnya.