BolaSkor.com - Persebaya Surabaya akhirnya bisa bernafas lega mengetahui masa depan kompetisi musim 2020 menemui titik terang. Perhelatan kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 dijadwalkan kembali bergulir pada Februari 2021 mendatang.

Sebelumnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) merencanakan lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 kembali bergulir pada bulan Oktober ini. Namun, Polri belum memberikan izin. Kemudian PSSI dan PT LIB bertemu dengan perwakilan klub Liga 1 dan Liga 2 yang bersepakat kompetisi bergulir pada November 2020.

Tetapi kembali Polri tak kunjung mengeluarkan izin sampai saat ini. Hingga akhirnya, rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (28/10) memutuskan untuk menunda kompetisi musim 2020 sampai dengan bulan Februari 2021.

Baca Juga:

Liga 1 Ditunda hingga Awal 2021, Persib Tunggu Surat Resmi dan Kepastian Tanggal

PSIS Semarang Menaruh Harapan atas Pemanggilan Lima Pemain Ikut Seleksi Garuda Select

Pelatih Persebaya Aji Santoso bersyukur karena akhirnya ada keputusan jelas dari pihak operator liga soal masa depan kompetisi yang selama ini dinilai menggantung. "Ini keputusan bagus, artinya sudah ada keputusan tidak ngambang seperti selama ini," katanya.

Dengan adanya keputusan menunda kompetisi hingga tahun depan akan memudahkan tim pelatih ataupun manejemen tim menyusun skema persiapan. Pasalnya, selama ini Bajol Ijo maupun tim-tim lain hanya berlatih tanpa adanya kejelasan kapan liga kembali bergulir. Hingga akhirnya tim-tim kembali meliburkan seluruh pemain dari aktivitas latihan bersama.

"Karena sekarang sudah jelas, manajemen dalam melangkah menyusun program kedepan lebih mudah kalau sudah ada keputusan pasti," pungkas pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang ini.

Persebaya sendiri telah menghentikan aktivitas timnya sejak Sabtu (24/10) lalu dan para pemain diberikan keleluasaan untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. Meski begitu, Makan Konate dkk. tetap diminta menjaga kondisinya.

Di sisi lain, harapan wonderkid Persebaya Mochamad Supriadi merasakan kompetisi Liga 1 2020 pasca mengikuti pemusatan latihan di Kroasia tidak sesuai harapan. Padahal dia mengaku rindu bertanding dengan jersey Persebaya. "Ya, seharusnya kami pulang dalam keadaan kangen pada klub, terus nanti bertanding di Liga 1," jelasnya.

Kendati demikian, dia menegaskan sebagai pemain profesional akan tetap berkomitmen menjaga kebugaran fisik meskipun kondisi kompetisi yang harus ditunda. "Tetap menerima (Liga 1 ditunda). Saya akan tetap latihan sendiri di rumah," ujar Supriadi. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)