Liga 1 Putri Ditiadakan, PSSI Gelar Liga 3, EPA, dan Piala Soeratin

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 29 Mei 2021
Liga 1 Putri Ditiadakan, PSSI Gelar Liga 3, EPA, dan Piala Soeratin
Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi. (BolaSkor.com/Taufik Hidayat)

BolaSkor.com - Kongres Tahunan PSSI 2021 tidak hanya membahas penegasan kompetisi Liga 1 dan 2 2021. Nasib Liga 1 Putri, Liga 3, dan Elite Pro Academy (EPA) juga turut ditentukan.

Liga 1 Putri pertama kali digulirkan PSSI pada 2019. Namun kompetisi ini vakum tahun lalu karena pandemi virus corona.

Baca Juga:

Nama Dewa United FC Sudah Disahkan di Kongres Tahunan PSSI

Kantor Baru PSSI Masih Dicari, Training Camp Timnas Rencananya di Cibubur

Sayangnya, Liga 1 Putri juga masih tidak akan digelar tahun ini. Situasi yang belum normal kembali menjadi salah satu pertimbangan utamanya.

Namun bukan berarti PSSI mengabaikan pembinaan sepak bola wanita begitu saja. Federasi yang dipimpin Mochamad Iriawan tersebut tahun ini akan fokus membenahi akar rumput di daerah.

"Liga 1 Putri tahun ini ditiadakan. Namun Piala Pertiwi tingkat Asprov kita mulai pada Agustus 2021," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi di tengah Kongres di Raffles Hotel, Sabtu (29/5).

Menariknya, PSSI mengambil keputusan berbeda untuk EPA. Kompetisi usia dini berbagai tingkatan tersebut akan kembali digelar.

Hal yang sama juga berlaku untuk Piala Soeratin. Ini tentu dilakukan sebagai bagian persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

"Elite Pro Academy Juli sampai Agustus untuk U-20, U-18, dan U-16. Kemudian Piala Soeratin U-17, U-15, dan U-13 digelar Agustus sampai Desember," tambahnya.

Sementara Liga 3 yang menjadi gerbang antara level amatir dan profesional juga akan digelar. Tingkat provinsi dijadwalkan berlangsung mulai Juli sampai Oktober, sedangkan regional hingga nasional pada November dan Desember.

Reporter: Taufik Hidayat

Pssi Kongres tahunan pssi Liga 3 Elite Pro Academy Liga 1 Putri Liga 1 U-19 Liga 1 U-20 Liga 1 U-16 Breaking News Yunus Nusi
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.045

Bagikan