BolaSkor.com - Persis Solo masih belum memutuskan stadion yang akan dijadikan home base pada lanjutan Liga 2 2018. Sejauh ini, Stadion Wilis Madiun paling realistis menggantikan posisi Stadion Manahan, Solo.

Laskar Sambernyawa harus menjadi musafir mulai pekan keenam Grup Wilayah Barat Liga 2, lantaran Stadion Manahan Solo akan direnovasi. Bahkan cabang olahraga yang berkantor di komplek Stadion Manahan sudah diminta pindah sejak 1 Juni lalu.

Hanya memang dari pantauan Bolaskor.com. aktivitas di Stadion Manahan masih berjalan seperti biasanya. Ini juga karena proses renovasi Stadion Manahan belum dimulai.

Sejauh ini, baru GOR Manahan yang sudah dirobohkan dengan alat berat. GOR tersebut biasanya digunakan untuk latihan bola voli, bulutangkis dan futsal.

Manajer Persis Solo, BM Anjasmara, menyebut ada tiga stadion yang jadi kandidat kandang Persis Solo. Mulai Stadion Moch Soebroto Magelang, Stadion Maguwoharjo Sleman, dan Stadion Wilis Madiun. Ketiga kota ini memiliki stadion yang layak untuk kompetisi Liga 2

"Kita sudah tinjau Madiun. Kondisinya memenuhi standard untuk kompetisi Liga 2. Secepatnya akan kita rapatkan lagi dan diputuskan untuk pertandingan awal Juli lawan Cilegon United," terang Manajer Persis Solo, BM Anjasmara.

Skuat Persis Solo saat berlaga di Stadion Manahan. (BolaSkor.com/Al Khairan Ramadhan)

Stadion Wilis yang menjadi markas Madiun Putra dirasa paling realistis. Bahkan Presiden Pasoepati, Aulia Haryo pun mengakui hal itu. Meski masih berharap Persis Solo bisa bermarkas di Stadion Maguwoharjo, namun ia meyakini Polda DIY tidak akan begitu saja memberikan izin keamanan.

Hal ini karena potensi terjadinya gesekan dengan suporter Jogja, Brajamusti yang bertahun-tahun jadi rival Pasoepati cukup besar. Musim lalu, kedua kubu bahkan hampir bentrok saat Pasoepati melawan Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung Bantul.

Bentrokan bisa terhindarkan lantaran perjalanan pulang Pasoepati yang semula melewati jalan depan Candi Prambanan, dialihkan ke Wonosari, Gunung Kidul.

"Paling realistis memang Wilis. Perizinan kemungkinan besar tidak susah, kapasitas memenuhi syarat, ada lampunya. Tapi kendalanya jarak tempuh lebih jauh dari Maguwoharjo. Saat pertandingan digelar pada hari kerja, dukungan pasti tidak semaksimal jika main di Solo," tutur Aulia Haryo.

Sebenarnya, Kota Solo masih punya stadion lain, yakni Stadion Sriwedari Solo. Stadion ini tidak lebih buruk dari Stadion Krida yang digunakan PSIR Rembang dan Stadion Moh Sarengat yang digunakan Persibat Batang.

Hanya saja, besarnya antusias pendukung Persis Solo membuat pihak keamanan tidak memberikan rekomendasi. Dalam tiga laga kandang Liga 2 dan saat uji coba lawan Timnas U-19, tiket yang terjual rata-rata lebih dari 20.000 lembar. Sementara kapastias Stadion Sriwedari hanya cukup untuk 8000 penonton. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan/Solo)