Liga 2 2018: Persiwa Wamena Siapkan Delapan Poin Materi Banding Hukuman Komdis PSSI

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 28 September 2018
Liga 2 2018: Persiwa Wamena Siapkan Delapan Poin Materi Banding Hukuman Komdis PSSI
Skuat Persiwa Wamena. (LIB)

BolaSkor.com - Persiwa Wamena tak tinggal diam dalam menyikapi ganjaran sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Hukuman atas insiden pengeroyokan wasit saat menghadapi Persegres Gresik United pada 15 September itu tergolong berat, lantaran masuk pada pelanggaran yang serius.

Pada laga yang berkesudahan 2-1 untuk kemenangan Persegres GU itu, terjadi aksi penganiyaan kepada Wasit Abdul Razak saat laga memasuki menit 78. Pemain Persiwa marah besar setelah diganjar hukuman penalti kala kedudukan masih 1-1.

Aksi pengeroyokan wasit itu pun lalu ditindaklanjuti Komdis dengan keluarnya sanksi berat. Persiwa sebagai tim diganjar sanksi denda Rp 50 juta atas keributan itu, sementara tujuh pemainnya dijerat sanksi larangan bermain sepakbola dengan bervariasi, mulai 6 bulan, 12 bulan, dan seumur hidup.

"Saya pribadi cukup terpukul atas sanksi yang berat itu. Tapi memang situasinya sudah seperti itu (di luar kendali) sehingga saya maklum," tandas pelatih Persiwa Wamena, Suimin Diharja.

Ia pun menegaskan bahwa klub Badai Pegunungan Tengah itu segera mengajukan banding. Persiwa menilai Komdis PSSI kurang adil dalam memberikan hukuman atas aksi yang memang melanggar regulasi secara langsung tersebut.

"Komdis tidak melihat video pertandingan secara keseluruhan. Mereka hanya melihat kesalahan dari pemain kami, padahal ada sebab pasti ada akibat," ungkap Suimin.

"Kami sudah menyiapkan sebanyak delapan poin untuk banding. Poin-poin itu adalah urutan kejadian yang memicu emosi pemain sampai melakukan pemukulan," tambah pelatih sarat pengalaman tersebut.

Sanksi untuk Persiwa Wamena pada sidang Komdis PSSI 22 September 2018:

1. Persiwa Wamena: denda Rp 50 juta
2. Aldo Claudio: sanksi larangan bermain seumur hidup
3. Andeas C. Ado: sanksi larangan bermain 12 bulan
4. Abdul Haris Tuakia: sanksi larangan bermain 12 bulan
5. Darus Ruspandi: sanksi larangan bermain 12 bulan
6. Edo Kurnia C.: sanksi larangan bermain 12 bulan
7. Robert Hobert Elopere: sanksi larangan bermain 6 bulan
8. Ryan Ardiansyah: sanksi larangan bermain 6 bulan

Breaking News Persiwa wamena Liga 2 Komite Disiplin PSSI Komdis pssi
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan