BolaSkor.com - Persis Solo mengunci posisi runner-up Liga 2 Grup Barat sebelum jeda bulan Ramadan. Kepastian ini didapat setelah Laskar Sambernyawa menang 2-1 atas Perserang Serang dalam pertandingan di Stadion Manahan, Solo, Selasa (15/5) sore.

Dua gol kemenangan Persis Solo dicetak Ikhwan Ciptady lewat sundulan pada menit ke-41 dan penalti Eli Nasoka pada menit ke-47. Sementara gol balasan Perserang tercipta menit ke-70 lewat pemain senior, Supriyono.

Persis Solo kini mengoleksi sembilan poin. Mereka hanya unggul satu poin dari Persiraja Banda Aceh, PSPS Riau, dan Aceh United di peringkat tiga hingga lima. Sementara puncak klasemen ditempati Semen Padang dengan 12 poin.

Pelatih Persis Solo, Jafri Sastra mengaku puas dengan kemenangan ini. Menurutnya kondisi para pemain tak maksimal untuk bermain menyerang sepanjang pertandingan. Para pemain masih kelelahan usai menjalani tur ke Aceh.

"Ini kemenangan yang sangat penting. Para pemain bisa melewati fase yang sangat-sangat berat. Pemain masih kelelahan setelah tur ke Aceh," terang Jafri Sastra dalam jumpa pers usai pertandingan.

Hal sama juga diungkapkan pemain senior Persis, Iqbal Samad. Sebagai pemain dia merasakan lelahnya melakoni dua pertandingan melawan Persiraja dan Aceh United pekan lalu. Kemenangan ini pun jadi modal menatap 17 laga sisa fase grup.

Terpisah, pelatih Perserang Serang Zaenal Abidin menilai permainan Persis Solo cukup bagus. Hanya dia menyesalkan proses terjadinya penalti pada gol kedua tim tuan rumah.

"Penalti itu tidak perlu, tidak penting. Tapi kami terus main. Kami menekan, bisa merepotkan Persis. Sayangnya memang kami hanya bisa kejar satu gol saja," ucap pelatih yang akrab disapa Zapello ini.

Perserang sendiri baru mengoleksi lima poin, hasil sekali menang atas Persik Kendal 3-2 dan bermain imbang lawan Persika Karawang 1-1 dan Persibat Batang 1-1. "Setelah ini kami akan evaluasi lagi agar lebih siap saat kompetisi dimulai," pungkas Zapello. (Laporan Kontributor Al Khairan Ramadhan/Solo)