Liga 2: Bisnis Kuliner Jadi Pilihan Striker Semen Padang dan Gelandang PSMS untuk Tambah Pemasukan

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 05 November 2020
Liga 2: Bisnis Kuliner Jadi Pilihan Striker Semen Padang dan Gelandang PSMS untuk Tambah Pemasukan
Striker Semen Padang Johan Yoga Utama dan produk makanan ringan miliknya. (BolaSkor.com /Ahmad Rizal)

BolaSkor.com - Keputusan PSSI dan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang menunda kompetisi Liga 1, dan Liga 2 hingga Februari 2021 berpengaruh besar kepada semua elemen tim, terutama pemain.

Apalagi hampir semua tim meliburkan kegiatan latihan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pemain yang mayoritas mengandalkan gaji tim terdampak dengan keputusan berhentinya kompetisi tersebut.

Terlebih beberapa manajemen tim sepakat memberi gaji, namun tidak penuh alias beberapa persen karena kondisi pandemi COVID-19. Situasi ini akhirnya membuat pemain harus lebih pandai menambah pemasukan untuk menyambung hidup.

Baca Juga:

PT LIB Akan Berikan Subsidi Rp100 Juta kepada Klub sebagai Kompensasi Penundaan

PSMS Medan Tunggu Surat Resmi PSSI soal Penundaan Kompetisi

Seperti yang dilakukan striker tim Liga 2 Semen Padang Johan Yoga Utama saat ini. Johan Yoga memutuskan pulang ke Semarang sambil membantu usaha kuliner yang dimiliki istrinya.

Usaha kuliner yang sudah berjalan tahun lalu ini bernama "Njajan Berkah" dengan beragam jenis makanan ringan dan lauk pauk. "Ada makaroni, mie lidi dengan variasi rasa bermacam macam. Juga ada nasi liwet, ikan fillet dengan sambal matah," kata Johan Yoga.

Eks pemain Badak Lampung FC ini mengakui usaha kuliner tersebut sangat membantu finansial keluarganya. Terlebih sudah ada pelanggan dan beberapa reseller yang rutin menjual produk-produknya.

Selain itu pemilik nomor punggung 99 di Semen Padang ini, juga di-endorse oleh salah satu produsen jersey lokal di Jawa Tengah. " Alhamdullilah saya juga menjadi brand ambassador wwjd. Lumayan untuk tambah tambah," jelas Johan Yoga.

Hal sama juga dilakukan gelandang PSMS Medan, Eli Nasoka di tengah mandeknya kompetisi Liga 2 saat ini. Eli yang saat ini pulang ke Semarang juga terjun berbisnis kuliner kecil-kecilan bersama istri. Produk kuliner yang dipasarkan melalui media online tersebut yaitu siomay dan dimsum.

"Ya, saya dan istri usaha kecil-kecilan dengan jualan siomay dan dimsum. Lumayan banyak yang order sekitar rumah dan teman teman dekat," kata eks pemain PSIS ini.

Selain itu Eli Nasoka juga di-endorse produsen jersey lokal yang sama seperti Johan Yoga Utama. Pemasukan sebagai brand ambassador merk kaos tersebut cukup lumayan untuk menambah pemasukan di masa pandemi saat ini. (Laporan Kontributor Ahmad Rizal/Semarang)

PSMS Medan Liga 2 Semen padang Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan