Beberapa Klub Liga 2 Minta Atensi Menpora soal Kompetisi, Kok Enggak di Kongres?

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 16 Januari 2023
Beberapa Klub Liga 2 Minta Atensi Menpora soal Kompetisi, Kok Enggak di Kongres?
Menpora RI Zainudin Amali bersama perwakilan beberapa klub Liga 2 dan APPI. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, akan membantu klub-klub Liga 2 mencari jalan keluar setelah kompetisi kasta kedua di Tanah Air itu resmi dihentikan oleh PSSI.

Menpora menyampaikan hal ini setelah menerima 10 perwakilan klub Liga 2 dan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (16/1).

Adapun kesepuluh klub yang menemui Menpora Amali di antaranya adalah Persipura Jayapura, Semen Padang, Bekasi City FC, PSMS Medan dan Karo United. Lalu ada juga Persipal Palu, Sulut United, PSIM Yogyakarta, Persijap Jepara serta Persewar Waropen.

"Tadi saya menerima teman-teman dari beberapa klub Liga 2 dan APPI. Mereka menyampaikan beberapa hal terkait kompetisi Liga 2 yang sudah diumumkan untuk dihentikan. Setelah saya mendengarkan itu, saya akan mencari jalan keluarnya. Saya akan komunikasi dengan PSSI, dengan Exco, dengan pihak-pihak terkait, siapa tahu bisa dilaksanakan," kata Menpora Amali kepada awak media.

Baca Juga:

Exco PSSI Putuskan Liga 2 Musim 2022/2023 Dihentikan dan Liga 1 Tanpa Degradasi

Jawaban Menpora soal Rumor Maju Jadi Bakal Calon Waketum PSSI

Sementara itu, manajer Persipura Yan Permenas Mandenas menyatakan bahwa pertemuan dengan Menpora Zainudin Amali ini terjadi dengan spontan dan tidak terorganisir. Klub-klub tersebut hanya berharap Menpora bisa membantu mereka supaya Liga 2 bisa kembali dilanjutkan.

"Kami bertemu menpora tujuan kami cuma satu, yaitu Liga 2 bisa dilanjutkan karena kompetisi itu sudah diputar. Kecuali kompetisinya belum diputar. Putaran pertama sisa dua sampai tiga pertandingan lagi, sekarang dalam kesempatan ini kami sampaikan maksud dan tujuan kami supaya Liga 2 bisa berjalan," ujar Yan.

"Kami taat pada regulasi PSSI sehingga kami berharap aturan main itu jadi rujukan bagi klub sehingga tidak ada keputusan yang dihasilkan dari luar. Terima kasih pak menteri karena akan mencarikan solusi untuk klub-klub, baik Liga 1 Liga 2 dan Liga 3. Kami juga sebagai representasi dari para pemain juga untuk menyampaikan harapan dari teman-teman semua," tambahnya.

Pertemuan klub Liga 2 dengan Menpora melahirkan sejumlah tanda tanya. Jika sesuai statuta, klub seharusnya bersuara di Kongres PSSI dengan meminta agenda tambahan, Minggu (15/1) kemarin. Namun, ini langkah yang ditempuh agar aktivitas Liga 2 kembali.

Sebelumnya, rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di GBK Arena pada Kamis (12/1) memutuskan bahwa kompetisi Liga 2 dan Liga 3 musim ini tidak dilanjutkan.

Ada tiga faktor utama yang melatarbelakangi keputusan itu, di antaranya permintaan dari mayoritas klub peserta, timeline kompetisi yang tidak menemukan kesesuaian untuk bisa selesai sebelum Piala Dunia U-20 2023 serta sarana dan prasarana dari klub-klub peserta Liga 2 musim ini yang belum memenuhi syarat dari Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia.

Pssi Menpora Zainudin Amali Liga 2 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.298

Bagikan