Liga 2: PSG Pati Mulai Rencanakan Pembentukan Tim

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 29 Desember 2020
Liga 2: PSG Pati Mulai Rencanakan Pembentukan Tim
Manajer PSG Pati, Doni Setiabudi. (Media PSG Pati)

BolaSkor.com - Manajemen PSG (Putra Safin Grup) Pati mulai ancang-ancang untuk bersiap diri meski bergulirnya Liga 2 belum pasti. Seleksi pemain direncanakan setelah pindah ke Pati, Jawa Tengah.

Proses seleksi akan digelar secara terbuka. Pelatih kepala Ibnu Grahan akan menjadi penentu perekrutan pemain.

“Kita akan gelar seleksi yang sifatnya terbuka untuk semua pemain, khususnya pemain muda. Tinggal nanti hak prerogatif pelatih yang akan menentukan pemain itu diterima atau tidak. Intinya kita akan buka pintu seluas-luasnya untuk pemain ikut seleksi PSG,” jelas manajer PSG Pati, Doni Setiabudi, Selasa (29/12).

Yang pasti, PSG nantinya akan banyak dihuni pemain muda. Ini sesuai visi PSG yang lebih memilih untuk mencetak pemain muda potensial.

Baca Juga:

Liga 2: Mengenal PSG Baru, Putra Safin Grup Pati

Wawancara Eksklusif Saiful Arifin: PSG Pati dan Industri Sepak Bola Nasional

Pria yang karib disapa Jalu ini menambahkan bahwa Laskar Kembangjoyo juga terbuka bagi pemain muda di level amatir. Kesempatan akan tetap diberikan.

“Kita akan mulai lewat kolaborasi antara Bandung Premier League (BPL) dan PSG. Silahkan bagi pemain muda dari BPL yang merasa punya kemampuan untuk ikut seleksi. Apakah nanti seleksi di Bandung atau di Pati, kita masih matangkan lagi,” ucap Jalu.

“Kalau dinilai pelatih bagus dan sesuai dengan strategi yang diinginkan, ya akan direkrut. Tapi kalau bagus tapi tidak masuk skema pelatih, ya berarti belum jodoh,” ungkap Jalu yang juga CEO BPL.

Ia berharap langkah PSG Pati bisa jadi pionir dimana klub memberikan kesempatan pemain dari level amatir.

”Ada sebanyak 23 provinsi di Indonesia yang sudah berafiliasi dengan BPL. Harapannya nanti kedepan, misalnya Medan Super League bisa berkolaborasi dengan PSMS Medan atau yang di Malang dengan Arema FC,” tegasnya.

Seleksi ditegaskan gratis alias tidak dipungut biaya. “Kita sedang merumuskan konsepnya, akan digelar seleksi di beberapa kota atau di Pati saja mengingat kondisi pandemi saat ini. Yang pasti protokol kesehatan tetap kita kedepankan,” ujar dia.

Lebih lanjut, Jalu mengatakan bahwa PSG akan memaksimalkan kuota 30 pemain yang diberikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. Selain dari proses seleksi, slot juga akan diisi pemain-pemain magang dari Safin Pati Football Academy (SPFA) yang juga milik PSG sebagai jenjang pembinaan.

"Yang pasti, untuk kontrak pemain muda adalah jangka panjang, setidaknya tiga tahun,” jelas Jalu.

Sementara soal pemain lama yang sebelumnya memperkuat PSG (Putra Sinar Giri) Gresik, ia belum bisa memastikan. Para pemain kemungkinan direview pelatih.

“Sekali lagi nanti untuk pemain, adalah hak prerogatif pelatih kepala yang memang lebih tahu kebutuhan sesuai dengan skema yang disiapkan,” tandasnya.

Putra Safin Grup PSG Pati Liga 2 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan