BolaSkor.com – Sejumlah klub masyhur dipastikan mengikuti kompetisi Liga 3 2019 regional Jawa Timur (Jatim). Kompetisi yang akan dimulai pada 27 Juli tersebut akan diikuti oleh 40 tim.

Persibo Bojonegoro, Arema Indonesia, Persekabpas Pasuruan, Persema Malang hingga Deltras Sidoarjo, adalah tim-tim beken yang menjadi peserta Liga 3 Jatim 2019. Selain itu, kompetisi ini juga akan diikuti salah satu klub pendiri PSSI, yakni PSM Madiun.

Sebenarnya, jumlah anggota Asprov PSSI Jatim yang berhak mengikuti kompetisi sebanyak 86 klub. Akan tetapi, hanya 56 klub yang mendaftar kompetisi. Setelah dilakukan verifikasi, tinggal 40 klub yang dinyatakan sebagai peserta Liga 3 Jatim 2019.

Kemudian, ke-40 tim itu dibagi dalam delapan grup. Tiap-tiap grup diisi oleh lima tim. “Formatnya tetap sama, yakni home and away, kompetisi penuh,” jelas Amir Burhannudin, Sekretaris Asprov PSSI Jatim.

Baca Juga:

Salah Satu Klub Pendiri PSSI Ini Akhirnya Berkompetisi Lagi

Liga 3 Jatim Digelar Akhir Juli 2019

Berikutnya, sistem home tournament akan diberlakukan pada babak 16 besar. Hanya juara dan runner up grup lah yang lolos ke babak 16 besar. Selanjutnya, mulai babak delapan besar hingga final akan menggunakan sistem gugur.

Peserta Liga 3 Jatim 2019 berhak mendaftarkan 30 pemain. Lima di antaranya adalah pemain senior. Sisanya adalah pemain U-23, atau pemain dengan kelahiran 1997. “Untuk pemain senior, hanya tiga yang bisa masuk DSP,” tutur Amir.

Sementara itu, sebanyak lima klub dari Jatim yang langsung lolos ke babak nasional Liga 3 2019. Mereka adalah mantan peserta Liga 2 musim lalu. Kelima klub itu adalah Perssu Sumenep, Semeru FC, Gresik United, PSBK Blitar dan Persinga Ngawi.

Pembagian Grup Liga 3 2019 Jawa Timur:

Grup A:

PSM Madiun, Persibo Bojonegoro, Putra Sinar Giri, Bumi Wali FC, Nganjuk Ladang FC

Grup B:

Perseta Tulungagung, Perspa Pacitan, Persemag Magetan, Nganjuk United, Bojonegoro FC

Grup C:

Persikoba Batu, Malang United, PSAD, GEN-B Mojokerto, Persedikab Kediri

Grup D:

Persida Sidoarjo, Suryanaga Connection, Persesa Sampang, PS Kota Pahlawan, Pamekasan FC

Grup E:

Persewangi Banyuwangi, Persid Jember, PSIL Lumajang, Persebo Muda Bondowoso, Persipro 1954

Grup F:

Arema Indonesia, Persekam Metro FC, Blitar Poetra, PSID Jombang, Madiun Putra

Grup G:

Banyuwangi Putra, Persekap Pasuruan, Persekabpas Pasuruan, ASIFA Indonesia, Singhasari FC

Grup H:

Deltras Sidoarjo, Sumbersari FC, Persema Malang, Putra Jombang, Sinar Harapan. (Laporan Kontributor Keenan Wahab/Surabaya)