BolaSkor.com – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur (Jatim) telah menentukan tanggal dimulainya kompetisi Liga 3 musim ini. Liga 3 regional Jatim akan dilaksanakan mulai 24 Juli 2019.

Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Amir Burhannudin mengatakan bahwa kick off Liga 3 2019 harus menyesuaikan dengan sejumlah agenda besar, yakni Ramadan, Idul Fitri dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI.

Ramadan berlangsung mulai Mei hingga awal Juni. Setelah itu dilanjut dengan libur Lebaran. Beberapa pekan setelah Lebaran, dimulailah Porprov VI di empat daerah, yakni Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro.

“Porprov berakhir sekitar 13 Juli. Jadi kami rasa ini (24 Juli) adalah waktu yang pas,” terang Amir.

Baca Juga:

Liga 3 2018: Persik Juara dan Enam Tim yang Promosi

Herman Dzumafo Tertarik Perkuat Timnas Indonesia Arahan Simon McMenemy

Amir mengatakan, Liga 3 2019 akan diikuti sekitar 50 tim. Saat ini PSSI Jatim masih melakukan verifikasi keabsahan tim-tim peserta. Selanjutnya akan dilangsungkan technical meeting pada medio Mei 2019.

PSSI Jatim yang menjadi Asprov terbaik pada 2018, selalu rutin menggelar kompetisi kasta terendah di sepak bola Indonesia itu. Bahkan dalam dua tahun terakhir, Juara Liga 3 selalu berasal dari Jatim. Mereka adalah Blitar United (2017) dan Persik Kediri (2018).

“Kami berharap tren apik ini berlanjut tahun ini. Sehingga tim-tim Jatim bisa juara dalam tiga tahun berturut-turut,” harap Amir. (Laporan Kontributor Keenan Wahab/Surabaya)