Liga Belum Jelas, Pemain PSS Sleman dan PSIM Pilih Berburu Lisensi Kepelatihan

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 20 Oktober 2020
Liga Belum Jelas, Pemain PSS Sleman dan PSIM Pilih Berburu Lisensi Kepelatihan
Gede Sukadana. (BolaSkor.com/Muhammad Fadly)

BolaSkor.com - Masih belum jelasnya nasib kompetisi musim 2020 membuat para pemain juga mencari kesibukan lain ditengah aktivitas latihan timnya yang masih berjalan. Adalah masing-masing dua pemain PSS Sleman dan PSIM Yogyakarta yang bakal punya kesibukan baru yakni mengikuti kursus kepelatihan.

Dari data yang ada, empat pemain dari tim asal Yogyakarta ini akan segera mengambil kursus kepelatihan lisensi C. Agenda ini akan digelar di Bali pada rentang 1-6 November 2020 mendatang.

Dua pemain PSS yang dimaksud adalah Gede Sukadana dan Jepri Kurniawan. Sedangkan dua pemain PSIM yakni TA Musafri dan kiper Sandy Firmansyah.

Baca Juga:

Bek Madura United Sangat Antusias Jalani Uji Coba Lawan Arema FC

Liga 1 Belum Jelas, PSS Sleman Liburkan Timnya

Dan keikutsertaan para pemain terkonfirmasi dari surat yang dikirimkan oleh APPI (Asosiasi Pemain Profesional Indonesia) kepada manajemen klub. APPI memohon kepada klub untuk memberikan izin kepada para pemain yang akan mengikuti kursus kepelatihan lisensi C ini.

"Mumpung kompetisi belum jelas dan kebetulan ini program dari PSSI dan Kemenpora, jadi ini gratis. Jadi saya putuskan untuk ikut kursus kepelatihan," kata Gede Sukadana.

Dia menjelaskan bahwa ini sebagai bekal jika dia pensiun sebagai pemain nantinya. "Belum ada pandangan untuk segera menjadi pelatih. Saya ikut kursus untuk bekal saja jika pensiun nanti," ucap dia lagi.

Sedangkan pemain PSIM, TA Musafri mengatakan bahwa kursus kepelatihan ini tentu saja menjadi bekal yang positif untuk seorang pemain. "Sebagai pemain yang sudah tak muda lagi, ini tentu jadi pegangan. Saat sudah tak aktif lagi sebagai pemain, bisa melanjutkan sebagai pelatih. Setidaknya membantu mengembangkan talenta pemain-pemain muda Indonesia," ucap TA Musafri menambahkan.

Hanya saja dia memastikan bahwa usai mengikuti kursus nanti, dia tetap akan kembali ke klub untuk mengikuti latihan. "Saya masih fokus untuk menjalani karir sebagai pemain hingga beberapa tahun kedepan," kata mantan pemain Sriwijaya FC itu.

Namun dia juga tidak menolak jika nanti ada tawaran untuk menjadi pelatih yang disebutnya sebagai tantangan baru dalam karir sepakbolanya.

Sementara itu kiper PSIM, Sandy Firmansyah mengatakan senang mendapat kesempatan untuk mengambil kursus kepelatihan lisensi C ini. "Ini seperti beasiswa dari PSSI dan Kemenpora untuk para mantan pemain timnas. Jadi saya yang belum punya lisensi sudah bisa langsung ke C," dia menegaskan.(Laporan Kontributor Muhammad Fadly/Yogyakarta)

Liga 1 Liga 2 PSS Sleman Psim yogyakarta
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan