BolaSkor.com - Liga Bola Basket Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 sudah memasuki partai puncak pada Minggu, 19 Juni 2022, di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, turut hadir langsung membuka laga final. Pada kesempatan tersebut, Anies yang ditemani Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim, menyampaikan beberapa hal penting terkait event bola basket di Ibu Kota.

Anies ingin Liga Bola Basket Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 menjadi standar atau acuan bagi semua event basket di Ibu Kota.

“Pak Gubernur menyampaikan kepada saya secara langsung bahwa Liga Bola Basket Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 harus menjadi standar. Nantinya, standar tersebut bisa diikuti dan menjadi acuan kompetisi-kompetisi yang ada di Jakarta,” kata Lexy.

Salah satu fokus utama dalam standardisasi penyelenggaraan kompetisi basket di Jakarta ialah modernisasi dan digitalisasi data.

Baca Juga:

Menang Atas West Bandits, Dewa United Surabaya Semakin Utuh

Golden State Warriors Juara NBA, Stephen Curry MVP Final

Sebagaimana diketahui, Liga Bola Basket Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 sudah memakai statistik yang bahkan mirip Liga Basket Profesional di Indonesia.

Menariknya, statistik-statistik pemain tersebut ditindaklanjuti menjadi bank data Perbasi DKI Jakarta untuk memantau talenta-talenta Ibu Kota. Nantinya, data-data tersebut memudahkan dalam penyeleksian pemain untuk Kejuaraan Nasional atau Pekan Olahraga Nasional (PON).

Tak cuma itu, sebelum penyelenggaraan Perbasi DKI Jakarta juga melakukan penyaringan serius terhadap wasit. Tujuannya tentu agar wasit-wasit yang memimpin laga sudah terakreditasi (berlisensi) dengan baik dan punya kemampuan bagus.

“Saya menyampaikan langsung kepada Pak Gubernur bahwa penyelenggaraan Liga Bola Basket Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 ini sebetulnya tidak jauh beda dengan turnamen-turnamen yang terselenggara oleh banyak pihak dan rekan-rekan Perbasi tingkat kota.”

“Namun, di sini ada sedikit modernisasi dalam standardisasi penyelenggaraan. Salah satunya adanya pencatatan statistik. Bahkan, statistik ini sudah sangat mendetail sampai pencatatan titik-titik perolehan poin pemain.”

“Panitia pelaksana tidak memungkiri bahwa modernisasi dari sisi statistik, berbagai jenis hiburan saat jeda, dan pemakaian musik saat pertandingan merupakan hal sederhana. Namun, hal sederhana tidak akan ada artinya tanpa aplikasi di lapangan.”

“Jadi, apresasi dari Pak Gubernur tadi berharap Liga Bola Basket Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 jadi standar (contoh) ke depannya standardisasi ini bisa diikuti dan menjadi acuan untuk perhelatan turnamen-turnamen di Jakarta terlebih dulu,” ujar Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta yang terpilih pada Musprov bulan Januari 2022 yang lalu.

Sejak awal, penyelenggaraan Liga Bola Basket Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 memang bertujuan memodernisasi standar kompetisi basket di Jakarta. Jika semua event mulai dari tingkat kota hingga provinsi punya acuan yang baik, basket Jakarta bisa lebih maju dan baik ke depannya.

Sementara itu, laga final Liga Bola Basket Piala Gubernur DKI Jakarta 2022 pada Minggu, 19 Juni 2022, di kategori kelompok umur 15-17 tahun putri dimenangkan oleh Cougar Jakarta, Pada kategori 15-17 putra, Gading Muda berhasil mengalahkan Bintang Muda.

Lalu, kelompok umur 18-20 tahun yang mempertandingkan GSBC vs Victoria di kategori putra, dimenangkan GSBC, dan Victoria melawan THI di kategori putri, yang dimenangkan Victoria.

Adapun penyerahan Piala dan hadiah kepada Para Pemenang, rencananya dilangsungkan pada rangkaian HUT DKI Jakarta 25 Juni mendatang.