Liga Champions 2020-2021 bak Kiamat Kecil bagi Serie A

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 18 Maret 2021
Liga Champions 2020-2021 bak Kiamat Kecil bagi Serie A
Juventus kembali gagal mewujudkan ambisinya di ajang Liga Champions. (Twitter)

BolaSkor.com - Liga Champions 2020-2021 tampaknya menjadi sebuah kiamat kecil sepak bola Italia. Hal itu setelah empat wakil Serie A menorehkan catatan kelam.

Italia dipastikan tanpa wakil di fase perempat final. Kepastian itu didapat setelah Lazio gagal membuat keajaiban di markas Bayern Munchen pada leg kedua babak 16 besar.

Lazio memang menjadi tumpuan terakhir untuk menyelamatkan muka Italia di Liga Champions musim ini setelah Inter Milan, Juventus, dan Atalanta sudah tersingkir. Namun Il BIancocelesti tak mampu mengemban tanggung jawab tersebut.

Dalam laga yang berlangsung di Allianz Arena, Kamis (18/3) dini hari WIB, Lazio takluk dengan skor 1-2. Hasil tersebut sebenarnya jauh lebih baik ketimbang saat mereka takluk 1-4 di kandang sendiri pada pertemuan pertama.

Baca Juga:

Hasil Liga Champions: Chelsea dan Bayern Lengkapi Delapan Besar

Lazio Disingkirkan Bayern, Inzaghi Tetap Bangga

Legenda Manchester United Ramal Chelsea Singkirkan Atletico

Bayern Munchen vs Lazio

Kegagalan Lazio tersebut membuat untuk kali keenam tidak ada wakil Italia yang mampu mencapai perempat final. Sebelumnya fenomena ini terjadi pada musim 2000-2001, 2001-2002, 2008-2009, 2013-2014, dan 2015-2016.

Performa wakil Italia sebenarnya sudah mengkhawatirkan sejak fase grup. Dari empat wakil, hanya Juventus yang mampu lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Namun tren buruk Juventus di Liga Champions kembali berlanjut. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan gagal mengatasi perlawanan FC Porto di babak 16 besar karena kalah agresivitas gol tandang.

Sementara Atalanta dan Lazio harus berjuang hingga laga terakhir untuk merebut tiket ke 16 besar dengan status runner up. Namun kondisi itu membuat mereka dipastikan bertemu lawan kuat yang berstatus juara grup.

Terbukti, Atalanta harus menantang Real Madrid, sedangkan Lazio bertemu Munchen. Bisa ditebak keduanya gagal membuat kejutan.

Hal lebih tragis dialami Inter karena hanya mampu menempati posisi juru kunci grup B. Nerazzurri kalah bersaing dengan Real Madrid, Borussia Monchengladbach, dan Shakhtar Donetsk.

Ini menjadi ironi karena Inter berstatus sebagai runner up Serie A. Tim asuhan Antonio Conte diharapkan bisa berbicara banyak di Liga Champions setelah menjadi finalis Liga Europa musim lalu.

Sinyal Bahaya

Kegagalan menempatkan wakilnya di perempat final Liga Champions bisa menjadi sebuah sinyal bahaya bagi federasi sepak bola Italia. Hal ini tentu akan mempengaruhi koefisien poin Serie A.

Jika kondisi seperti ini kembali terulang pada musim depan, peringkat Serie A di daftar liga-liga elite Eropa bisa turun. Akibatnya, jatah wakil mereka di Liga Champions akan dikurangi seperti yang terjadi pada musim 2012-2013 hingga 2016-2017.

Liga Champions Serie a Juventus Inter Milan Lazio Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan