BolaSkor.com - AC Milan berhasil mendapatkan satu tiket tersisa ke babak 16 besar Liga Champions 2022-2023. Namun Rossoneri berpeluang menghadapi lawan kuat pada fase tersebut.

Kepastian lolosnya Milan didapat usai mengalahkan RB Salzburg pada laga terakhir grup E di San Siro, Kamis (3/11) dini hari WIB. Tim asuhan Stefano Pioli menghancurkan lawannya dengan skor telak 4-0.

Empat gol kemenangan Milan dicetak oleh Olivier Giroud (14' dan 57'), Rade Krunic (46'), dan Junior Messias (90+1'). Padahal hasil imbang sebenarnya sudah cukup membawa Milan keluar dari fase grup.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: AC Milan ke-16 Besar, Juventus Tutup Fase Grup dengan Kekalahan

Menilik Skuad AC Milan Sejak Terakhir Lolos ke Fase Gugur Liga Champions

16 Tim di Fase Gugur Liga Champions 2022-2023, Tidak Ada Juventus dan Barcelona

Ini menjadi kali pertama sejak musim 2013-2014, Milan mampu menginjakkan kaki lagi di babak 16 besar Liga Champions. Musim lalu mereka gagal melakukannya.

Namun Milan berpeluang jumpa tim kuat pada babak 16 besar karena lolos dengan status runner up. Sandro Tonali dan kawan-kawan kalah bersaing dengan Chelsea yang unggul tiga poin.

Kondisi ini membuat Milan akan menghadapi salah satu dari FC Porto, Bayern Munchen, Benfica, Manchester City, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur. Undian babak 16 besar akan dilakukan pada Senin (7/11) mendatang.

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli

Calon lawan-lawan tersebut nyatanya tidak membuat gentar Pioli. Ia yakin tim asuhannya masih punya peluang untuk melaju lebih jauh lagi.

“Kami adalah Juara Italia dan harus memainkan sepak bola kami, mencoba melangkah sejauh mungkin. Tidak ada yang perlu ditakuti," kata Pioli kepada Amazone Prime Video Italia.

"Sekarang kami harus kembali ke jalur di Serie A, tetap sedekat mungkin dengan Napoli, yang sedang dalam performa luar biasa."

Milan memang tak seharusnya merasa takut. Il Diavolo Rosso merupakan salah satu tim yang punya tradisi bagus di Liga Champions.

Meski sempat terpuruk, Milan merupakan kolektor trofi Liga Champions terbanyak kedua. Tujuh trofi sudah berhasil diraih.

“Kami harus ambisius di Liga Champions dan tidak takut apa pun. Siapa pun lawan kami akan menemukan tim Milan dengan keyakinan," tutupnya.