Liga Champions: Liverpool Bermain Tanpa Beban di Santiago Bernabeu

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 15 Maret 2023
Liga Champions: Liverpool Bermain Tanpa Beban di Santiago Bernabeu
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp (Twitter)

BolaSkor.com - Misi berat diemban Liverpool jelang lawatan mereka ke Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, pada leg dua 16 besar Liga Champions, Kamis (16/03) pukul 03.00 dini hari WIB. The Reds tertinggal agregat gol 2-5.

Tanpa adanya aturan gol kandang dan tandang Liverpool dapat memaksakan laga berlanjut ke babak tambahan, potensi adu penalti, jika menang 3-0 - atau lolos langsung dengan skor 4-0. Akan tapi tidak akan mudah melakukannya di markas Madrid yang notabene juara bertahan Liga Champions.

Comeback juga bukan hal baru yang terjadi di Liga Champions. Madrid pernah kalah 1-4 melawan Ajax Amsterdam pada 2019, begitu juga Liverpool pernah melakukan comeback melawan Barcelona meski leg dua dimainkan di Anfield (agregat gol 4-3).

Dalam catatannya juga, Madrid telah melangkah ke fase berikutnya di fase gugur sebanyak 26 kali dari 27 laga terakhir di Liga Champions setelah memenangi leg pertama di laga tandang.

Baca Juga:

Jamu Liverpool, Carlo Ancelotti Tak Mau Ulangi Kesalahan Musim Lalu

3 Alasan Liverpool Tidak Akan Comeback Kontra Real Madrid

Barcelona Harap-Harap Cemas Menanti Respons Madrid soal Kasus Suap Wasit

Gelandang Liverpool, Fabinho

Liverpool juga satu dari empat tim yang lolos ke fase berikutnya di fase gugur setelah tertinggal agregat gol tiga gol atau lebih dari leg pertama. Dengan catatan itu pesan dari Fabinho dan Jurgen Klopp cukup jelas.

Keduanya menilai Liverpool kini bermain tanpa beban di Santiago Bernabeu, sebab publik sudah melihat Madrid lolos ke fase berikutnya di Liga Champions dengan keunggulan jauh agregat gol 5-2.

"Kami bermai nothing to lose (tanpa beban) - semua orang mengharapkan Real Madrid untuk menang dan lolos. Kami memiliki tanggung jawab untuk mengenakan seragam ini. Skuad pemain ini memiliki pengalaman yang menyenangkan, seperti Barcelona pada 2019, kami mengubah pertandingan itu. Kami tahu itu mungkin (terjadi)," papar Fabinho di laman resmi UEFA.

"Kami bermain tanpa beban, ini situasi yang lebih baik daripada ketika Anda bisa kehilangan segalanya. Kami bisa kalah, kami pernah merasakan itu sebelumnya, kami tidak menyukainya. Anda bisa mendapatkan kekalahan di sini. Saya lebih suka situasi Carlo: untuk mempertahankan keunggulan tiga gol," imbuh Klopp.

Klopp juga menegaskan tujuan Liverpool datang ke Bernabeu untuk meraih kemenangan, dan tim akan memperjuangkannya selama ada kesempatan melakukannya.

"Saya katakan tiga minggu lalu setelah pertandingan yang dilalui Madrid; sekarang kami tahu ada permainan untuk dimainkan. Bahkan jika hanya ada 1 persen peluang, kami harus mencobanya," tambah Klopp.

"Jika kami dapat mengejutkan diri kami sendiri dengan cara yang negatif, kami juga dapat mengejutkan diri kami sendiri dengan cara yang positif. Jelas kami di sini tidak memberi tahu Madrid, 'Hati-hati, kami datang'. Tapi kami di sini untuk memenangkan pertandingan."

Real Madrid Madrid Liga Champions Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan