Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora Digelar di Bandung

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 13 September 2018
Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora Digelar di Bandung
Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Alman Hudri, saat menyalami peserta Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Bandung terpilih menjadi tempat digelarnya Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora tingkat Nasional 2018 yang akan digulirkan 13-16 September 2018. Sarana dan prasarana yang memadai menjadi alasannya.

Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Alman Hudri, mengatakan bahwa Bandung memiliki banyak tempat untuk digelarnya pertandingan sepak bola.

"Setelah gelaran PON (Pekan Olahraga Nasional) 2016 sarana dan prasarana di Bandung masih bagus. Lalu Pemprov-nya khususnya Dispora-nya juga sangat mendukung. Sehingga kami tidak memiliki kesulitan dalam menjalankan kerjasama dengan Jabar," ujar Alman seusai membuka secara resmi Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora tingkat Nasional 2018 di Stadion SPOrT Jabar, Jalan Arcamanik Bandung, Kamis (13/9).

Alman menuturkan bahwa kejuaraan ini bertujuan hanya untuk menindaklanjuti kebijakan yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo agar segera melakukan percepatan pembinaan sepak bola secara khusus.

"Kami berikan media sarana untuk berkompetisi mulai dari usia 12, 14 dan 21 tahun. Kami lakukan untuk memberikan wadah untuk mengukur hasil latihan yang selama ini dilakukan," katanya.

Alman berharap melalui kejuaraan ini, muncul bibit-bibit pesepak bola yang bisa menjadi andalan Timnas Indonesia kedepannya dalam menghadapi ajang Internasional.

"Kami sudah hasilnya. Seperti di usia 16 sudah berkontribusi dan terpilih untuk dipersiapkan menghadapi AFC," tuturnya.

Disisi lain, Ketua Koordinator Liga Mahasiswa U-21 Piala Menpora tingkat Nasional 2018, Heri Fitriansyah mengatakan bahwa kejuaaran ini digabungkan dengan Liga Muda FOPPSI U-11.

Total sebanyak 48 peserta untuk Liga Mahasiswa U-21 dan 13 peserta untuk Liga Muda yang digagas Forum Persatuan Pembinaan Sepak Bola Indonesia (FOPPSI).

"Kejuaraan ini sudah bergulir sejak tingkat regional dari seluruh Indonesia. Totalnya ada 16 regional, sekarang seri nasional dan kita tetapkan di Bandung," jelas Heri.

Kejuaraan ini, lanjut Heri menggunakan sistem gugur dan dipertandingkan di Stadion SPOrT Jabar, Jalan Arcamanik dan Stadion Siliwangi, Jalan Lombok Bandung.

"Dari total peserta saat ini, mewakili setiap provinsinya. Harapannya untuk U-11 meraih prestasi terlebih dahulu. Sementara Liga Mahasiswa mencari bibit pemain yang diharapkan," tandasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Breaking News Menpora Imam Nahrawi
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan