BolaSkor.com - Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengonfirmasi perubahan format Liga Champions yang akan berlaku pada 2024 mendatang. Ceferin mengonfirmasi perubahan itu kurang dari 24 jam Liga Super Eropa yang kontroversi dibentuk.

Dengan adanya Liga Super Eropa yang dibentuk 12 tim pendiri seperti Juventus, Manchester United, Arsenal, Liverpool, dan Real Madrid, UEFA bisa kehilangan klub-klub dengan basis fans besar di dunia.

Akan tapi di tengah kontroversi Liga Super Eropa Ceferin tetap fokus menjalankan tugasnya, salah satu reformasi yang ingin dilakukannya adalah mengubah format Liga Champions dan melibatkan lebih banyak tim.

Berlaku hingga 2024, format baru Liga Champions akan melibatkan 36 tim dan pertandingan dilangsungkan pada Jumat dini hari WIB, bukan Rabu atau Kamis dini hari seperti biasanya. Ceferin menuturkan alasan mengubah format Liga Champions.

Baca Juga:

Wakilkan Suara Fans, Ander Herrera Kecam Liga Super Eropa

Tak Gentar dengan Ancaman UEFA, 12 Klub Dirikan Liga Super Eropa

Mengenal Format Kompetisi Liga Super Eropa

Aleksander Ceferin

"Format baru ini mendukung status dan masa depan permainan domestik di seluruh Eropa juga. Ini mempertahankan prinsip bahwa kinerja domestik harus menjadi kunci untuk kualifikasi dan menegaskan kembali prinsip-prinsip solidaritas melalui permainan dan persaingan terbuka," terang Ceferin di laman resmi UEFA.

"Format yang berkembang ini akan tetap menghidupkan impian tim mana pun di Eropa untuk berpartisipasi dalam Liga Champions berkat hasil yang diperoleh di lapangan dan itu akan memungkinkan kelangsungan hidup jangka panjang, kemakmuran, dan pertumbuhan bagi semua orang di sepak bola Eropa, tidak hanya kartel kecil yang dipilih sendiri."

"Sepak bola adalah harta sosial dan budaya, diperkaya dengan nilai-nilai, tradisi, dan emosi yang dibagikan di seluruh benua kami."

"Sebagai badan pengatur dan pengawas pertandingan Eropa yang bertanggung jawab, adalah peran UEFA untuk menjaga warisan ini sambil memimpin perkembangan positif sepak bola di masa depan di Eropa untuk asosiasi nasional, liga, klub, pemain, dan penggemar di setiap level."

"Inilah mengapa kami melakukan proses konsultasi ekstensif selama dua tahun terakhir yang menghasilkan dukungan bulat atas proposal kami dan kami yakin bahwa reformasi ini mencapai tujuan tersebut," tegas dia.

Format Baru Liga Champions

Format saat ini adanya fase grup Liga Champions dengan empat tim yang berpatisipasi untuk posisi di 16 besar, dua tim yang finisih di urutan satu-dua grup lolos ke-16 besar. Di format baru itu akan berubah menjadi liga yang melibatkan 36 tim.

Seluruh jadwal laga akan diundi dengan pot pengundian berdasarkan koefisien UEFA, Liga Europa, dan Conference League, yang juga mengikuti format yang sama.

Tiap tim akan memainkan total 10 laga kandang dan tandang, dengan delapan tim teratas otomatis lolos ke-16 besar. Lalu mereka yang finish di urutan sembilan hingga 24 bersaing dengan sistem play-off dua leg untuk menentukan siapa yang lolos ke fase gugur.

Tim yang finish di bawah urutan 24 otomatis tersingkir dari kompetisi. Sementara dari fase 16 besar hingga ke final tak berubah dengan format saat ini.