Liga Super Eropa: UEFA Batal Hukum Juventus, Real Madrid, dan Barcelona

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 28 September 2021
Liga Super Eropa: UEFA Batal Hukum Juventus, Real Madrid, dan Barcelona
UEFA (Twitter)

BolaSkor.com - Ribut-ribut terkait polemik Liga Super Eropa berakhir antiklimaks. UEFA pada akhirnya batal memberi hukuman kepada Juventus, Real Madrid, dan Barcelona selaku tiga pendiri kompetisi tandingan tersebut.

Seperti diketahui, Liga Super Eropa merupakan kompetisi ilegal yang awalnya dipelopori 12 klub besar Eropa pada April lalu. Kompetisi ini rencananya dijadikan pengganti Liga Champions.

Namun sembilan klub akhirnya mengundurkan diri dan kembali ke pangkuan UEFA karena menghadapi tuntutan dari para suporternya. Tim-tim tersebut adalah Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Inter Milan, AC Milan, dan Atletico Madrid.

Baca Juga:

Bos PSG Sebut Dalang Liga Super Eropa Pembohong

Liga Super Eropa Bersiap Bangun dari Tidur

Drama Liga Super Eropa Belum Berakhir, Klub-klub Pendiri Tantang Balik UEFA

Liga Super Eropa

Menariknya, langkah kesembilan klub tersebut tidak diikuti Juventus, Madrid, dan Barcelona. Mereka tetap berambisi menggelar Liga Super Eropa dan menolak tunduk kepada UEFA.

Sikap ini sempat membuat UEFA bereaksi keras. Konfederasi sepak bola Eropa itu berjanji akan memberikan hukuman berat kepada ketiganya termasuk larangan tampil di Liga Champions.

Namun pada kenyataannya, UEFA sempat menunda putusan hukuman untuk Juventus, Madrid, dan Barcelona. Ketiga klub tersebut juga masih diizinkan tampil di Liga Champions.

UEFA beralasan butuh penyelidikan lebih lanjut sebelum memberikan hukuman. Sementara ketiga klub tersebut yakin tidak bersalah.

Pada akhirnya, UEFA batal memberikan hukuman. Namun tidak diketahui secara pasti alasannya.

"Setelah penundaan proses melawan FC Barcelona, Juventus FC dan Real Madrid CF, dalam masalah dengan potensi pelanggaran kerangka hukum UEFA terkait proyek 'Liga Super', Badan Banding UEFA telah menyatakan hari ini proses tersebut batal demi hukum, seolah-olah proses tersebut tidak pernah dibuka," bunyi pernyataan resmi UEFA.

UEFA tampaknya tidak memiliki celah untuk membuktikan bahwa ketiga klub tersebut melakukan pelanggaran. Apalagi ada potensi Juventus, Madrid, dan Barcelona siap menuntut balik jika dijatuhi hukuman.

Yang jelas, keputusan UEFA ini tentu membuat kecewa klub-klub anggota mereka. Termasuk sembilan klub mantan pelopor Liga Super Eropa yang dijatuhi hukuman denda.

Liga Super Eropa UEFA Barcelona Juventus Real Madrid Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan