BolaSkor.com - Setelah vakum selama setahun akibat pandemi Covid-19 Liga Mahasiswa (LIMA) basket kembali hadir. Dengan menerapkan sistem gelembung, LIMA mengadakan kompetisi di Robinson Resort, Cisarua, Jawa Barat, yang dimulai Rabu (1/12).

“LIMA Basketball 2021 diselenggarakan dengan melakukan adaptasi pada situasi dan kondisi saat ini. Kompetisi ini layaknya fase Nationals pada pelaksanaan LIMA sebelumnya. Tiga belas tim yang berpartisipasi dalam kegiatan ini ialah tim-tim terbaik. Mereka merupakan tim tradisional yang memiliki sejarah di Liga Mahasiswa.” Ujar Direktur LIMA, Junas Miradiarsyah.

Sebanyak 13 tim turut berpartisipasi pada LIMA Basket 2021. Rinciannya adalah enam tim putri dan tujuh putra. Pembukaan LIMA Basketball 2021 juga dihadiri berbagai pihak yakni G. Radityo Gambiro, MBA selaku Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Pusat, dan dr Harry Papilaya Selaku Sub. koordinator olahraga prestasi Kemenkes RI.

LIMA Basketball 2021 menerapkan sistem round robin di mana semua tim dari setiap sektor akan bertemu satu kali. Empat tim teratas pada peringkat akhir fase penyisihan akan lolos ke babak semifinal. Pemenang fase semifinal selanjutnya akan melakoni pertandingan final yang digelar pada 11 Desember 2021.

Selain dilaksanakan secara bubble, kompetisi ini juga akan menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Pelaksanaan LIMA basketball 2021 diselenggarakan tanpa kehadiran penonton di lapangan. Namun, seluruh pertandingannya dapat disaksikan melalui kanal youtube Liga Mahasiswa.