BolaSkor.com - Lima pemain Persebaya Surabaya mendapat panggilan pemusatan latihan atau training camp (TC) timnas Indonesia pada 19-30 September mendatang di Jakarta. Mereka adalah Ernando Ari Sutaryadi, Rachmat Irianto, Arif Satria, Rizky Ridho Ramadhani, dan Ricky Kambuaya.

TC kali ini bagian dari persiapan jelang laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan, 7 dan 11 Oktober di Thailand. Praktis, sehari setelah pertandingan Persebaya melawan PSM Makassar (18/9) malam, kelima pemain tersebut langsung berkumpul di Hotel Sultan, Jakarta.

Meski menggelar TC ditengah kompetisi, PSSI telah memiliki kebijakan agar klub yang pemainnya dipanggil tidak dirugikan. Para pemain yang dipanggil timnas masih bisa bergabung dengan klub masing-masing pada H-2 sebelum pertandingan. Setelah itu, mereka balik lagi ke pemusatan latihan.

Baca Juga:

36 Pemain Diuji Shin Tae-yong dalam TC Timnas Indonesia

Pola Pikir Etos Kerja Pemain Timnas Indonesia Sedang Diperbaiki

Alhasil, kelima pemain itu bisa diturunkan ketika melawan Bhayangkara FC, Jumat (24/9). Namun, pada pertandingan lawan PSS Sleman, (28/9) mendatang, ada kemungkinan tidak bisa dimainkan. Sebab, pada tanggal tersebut semua pemain timnas wajib menjalani latihan penuh sampai Kamis (30/9).

Pelatih Persebaya Aji Santoso tak lantas lega. Pelatih asli Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut berencana berkomunikasi dengan pelatih timnas. Maklum, tenaga mereka sangat dibutuhkan Bajol Ijo. Apalagi sosok seperti Arif Satria, Rizky Ridho, dan Rachmat Irianto merupakan andalan lini belakang Persebaya.

“Kami mohon ada kebijakan khusus. Kalau sampai tidak bisa gabung, ya kami habis. Tak ada pemain di belakang,” kata Aji.

Sementara itu, pemanggilan ini menjadi pengalaman pertama Ernando bersama timnas senior. Kiper asli Semarang tersebut menjadi pemain muda terbaik Liga 1 di pekan kedua. Dia menghasilkan tujuh penyelamatan gemilang dari dua laga yang dilakoni. Penampilan apik itu disinyalir membuat Shin Tae-yong kembali meliriknya.

“Pastinya saya sangat bersyukur. Saya tidak ingin cuma numpang lewat di timnas. Pastinya mau membuktikan bahwa saya bisa bersaing. Bagaimanapun timnas senior kan levelnya berbeda dengan kelompok umur. Ini impian semua pemain bola,” tegas Ernando. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)