BolaSkor.com - Antoine Griezmann akhirnya resmi memakai kostum biru-merah milik Barcelona musim 2019-20. Barcelona mengumumkan secara resmi kesuksesan mereka merekrut bintang asal Prancis itu setelah menebus klausul rilis senilai 120 juta euro kepada Atletico Madrid.

Perjalanan Griezmann hingga akhirnya bisa mendarat di Camp Nou terbilang panjang. Ya, perjalanan itu sejatinya sudah dimulai dua tahun lalu, pada 2017.

Kala itu, Griezmann merupakan salah satu kandidat kuat untuk menggantikan Neymar yang hengkang ke Paris Saint-Germain. Bahkan, kepindahan Griezmann gencar dikabarkan sangat dekat. Namun, pada akhirnya, Griezmann bertahan dan meneken kontrak baru dengan Atletico.

Sedangkan Barcelona pada akhirnya memilih merekrut Ousmane Dembele. Pada titik ini, proses perjalanan Griezmann sejatinya tidak berhenti. Malah sebaliknya, inilah titik awal dari saga transfer Griezmann.

Musim 2017-18

Pada Oktober 2017, Barcelona sudah menyusun rencana untuk mendatangkan Griezmann pada musim panas 2018. Semua pihak di klub sudah mengetahui jika Griezmann adalah target, termasuk sang pelatih, Ernesto Valverde dan beberapa pemain penting Barca seperti Luis Suarez dan Lionel Messi.

Saat itu, Suarez disebut sempat kurang setuju dengan rencana ini. "Dia tak akan datang untuk mengambil tempat siapapun," kata Suarez ketika itu seperti dilansir Marca.


Musim Panas 2018

Semua pihak, termasuk media sudah yakin Griezmann akan bergabung dengan Barcelona. Namun jawaban tak kunjung muncul. Pada akhirnya, secara mengejutkan Griezmann mengumumkan dia memilih bertahan di Atletico lewat sebuah film dokumenter yang diberi judul "The Decision", sesaat sebelum Piala Dunia 2018 dimulai.

Musim 2018-19

Setelah menjalani musim yang mengecewakan bersama Atletico, Griezmann memutuskan untuk pergi. Pada pertengahan Juni, CEO Atletico, Miguel Angel Gil Marin, mengungkapkan jika sang bintang akan gabung Barcelona.


Musim Panas 2019

Pada 14 Mei, kembali lewat rekaman video, Griezmann mengumumkan kepada publik dirinya akan pergi meninggalkan Atletico. Namun, Griezmann tak menyebut tujuannya pergi. Hal ini menarik karena Griezmann masih terikat kontrak dengan Atletico. Akan lain ceritanya jika dia sudah ada di masa akhir kontrak.

Griezmann mengungkap jika klub tujuannya baru akan diketahui pada awal Juli. Hal ini juga menarik karena di awal Juli, nilai klausul lepas Griezmann turun dari 200 juta euro menjadi 120 juta.

Barcelona kala itu dikabarkan tidak langsung menawarkan untuk menebus klausul rilis. Mereka masih berusaha melakukan negosiasi. Hasilnya, kubu Atletico menolak tawaran Barca, dan meminta Barca menambahkan Nelson Semedo dalam tawaran. Permintaan ini ditolak Barcelona.

Setelah bolak-balik negosiasi, Barcelona menyadari satu-satunya cara untuk mendapatkan Griezmann adalah dengan menebus klausul pelepasan. Pada akhirnya, setelah kontak pertama pada dua tahun silam, Barcelona akhirnya bisa mendapatkan Griezmann. Dan saga pun berakhir.