BolaSkor.com - Melihat pesepakbola profesional coba mendribel bola atau bahasa kerennya, me-nutmeg, lawan merupakan hiburan kelas premium bagi penggemar sepak bola dunia. Mendribel bola melewati lawan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan trik.

Selain itu, mendribel bola dan coba mengecoh lawan tidak bisa dilakukan oleh pemain dengan kemampuan relatif biasa-biasa saja. Butuh kemampuan di atas rata-rata, plus ketenangan, untuk dapat melakukannya di pertandingan dengan intensitas tinggi dan tekanan dari penonton.

Beberapa pemain dengan kualitas di atas rata-rata mampu melakukannya dengan konsisten sejak musim 2006-07, setidaknya sejak pengumpulan data dilakukan oleh Opta dan Squawka. Sampai saat ini ada 10 pemain dengan jumlah percobaan mengecoh lawan terbanyak.

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi? Ini Pilihan Lothar Matthaus

Di Balik Gol Sepakan Bebas Lionel Messi, Ada Sentuhan Ronaldinho, Deco, dan Maradona

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020: Timnas Inggris Raih Satu Tiket, Cristiano Ronaldo Cetak Hat-trick

Tapi, hanya ada dua pemain 'spesial' yang menyelesaikan 1.000 lebih percobaan mendribel bola melewati lawan dengan sukses. Kedua pemain itu adalah Lionel Messi (Barcelona) dan Eden Hazard (Real Madrid).

Berikut lima besar pemain dengan jumlah percobaan mendribel bola terbanyak di antara lima liga top Eropa sejak musim 2006-07:

1. Lionel Messi - Barcelona

Lionel Messi

Peraih lima Ballon d'Or ada di urutan teratas dengan jumlah percobaan 3.287 dribel bola, sukses melakukannya sebanyak 1.880, dengan tingkat kesuksesan 57,2 persen. Munculnya nama Lionel Messi di urutan pertama tidak aneh.

La Pulga memang terkenal dengan kejeniusan dan talenta alami dalam mendribel bola, seperti halnya ikon Argentina, Diego Maradona. Jumlahnya masih bisa bertambah karena dia masih aktif main di usia 32 tahun.

2. Eden Hazard - Real Madrid

Eden Hazard

Di urutan dua ada eks pemain Lille dan Chelsea, Eden Hazard, dengan catatan 2.136 percobaan mendribel bola, 1.220 kali sukses melakukannya, dengan tingkat kesuksesan 57,1 persen. Penyerang sayap asal Belgia memang terkenal dengan kelincahannya mendribel bola melewati lawan.

3. Franck Ribery - Fiorentina

Franck Ribery

Tipikal bermainnya tak jauh dari Hazard. Dalam kondisi prima, Franck Ribery selalu mengancam pertahanan lawan kala bergerak dari sisi sayap dan melakukan penetrasi.

Ribery, dengan akumulasi waktunya dengan Olympique Marseille, Bayern Munchen, dan Fiorentina, punya 1.959 percobaan mendribel bola, 939 kali sukses melewati lawan, dan tingkat kesuksesan melakukannya sebanyak 47,9 persen.

4. Sergio Aguero - Manchester City

Sergio Aguero

Satu-satunya pemain dalam posisi penyerang tengah yang menempati lima besar kategori tersebut. Sergio Aguero 1.785 kali mencoba mendribel bola melewati lawan, 832 kali sukses melakukannya, dan tingkat kesuksesan 46,6 persen.

5. Cristiano Ronaldo - Juventus

Cristiano Ronaldo

Rival Lionel Messi ada di urutan lima. Cristiano Ronaldo, 34 tahun, melakukan 1.855 percobaan mendribel bola, menyelesaikannya sebanyak 816 kali, dengan tingkat kesuksesan 44 persen. Ronaldo tidak sering menggunakan kemampuan mendribel bola, sebab dia lebih berperan sebagai predator di kotak penalti lawan.

Sisa lima pemain dari urutan enam hingga 10 adalah:
6. Joaquin Sanchez - Real Betis (1.567 percobaan, 798 kali sukses, persentase 50,9).
7. Hatem Ben-Arfa (1.522 percobaan, 770 kali sukses, persentase 50,6 persen).
8. Andres Iniesta - Vissel Kobe (1.214 percobaan, 739 kali sukses, persentase 60,9 persen).
9. Roberto Firmino - Liverpool (1.295 percobaan, 736 kali sukses, persentase 56,8 persen)
10. Neymar - PSG (1.461 percobaan, 734 kali sukses, persentase 50,2 persen)