Lionel Messi dan Argentina Borong Penghargaan di Acara Pemain Terbaik FIFA 2022

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 28 Februari 2023
Lionel Messi dan Argentina Borong Penghargaan di Acara Pemain Terbaik FIFA 2022
Lionel Messi memenangi penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2022 (Twitter)

BolaSkor.com - Seremoni Pemain Terbaik FIFA 2022 telah dilangsungkan di Paris, Prancis, pada Selasa (28/02) dini hari WIB. Total ada 10 kategori dalam pemberian penghargaan termasuk dengan 11 pemain terbaik dunia FIFPro untuk kategori putra dan putri.

Ada juga pemberian khusus untuk warisan yang ditinggalkan salah satu pemain terbaik sepanjang masa, Pele, yang diterima oleh istrinya (Pele meninggal dunia pada Desember 2022).

Seyogyanya seremoni prestisius lainnya seperti Ballon d'Or yang dilangsungklan oleh France Football, FIFA juga melangsungkan seremoni pemain terbaik dunia yang sudah dihelat sejak 2016 (setelah tak lagi melebur dengan Ballon d'Or) pada tahun ini.

Penilaian untuk Pemain Terbaik FIFA berdasarkan performa pemain sejak Agustus 2021 dan Desember 2022, termasuk juga dengan event Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar.

Baca Juga:

Pintu Barcelona Terbuka Lebar untuk Lionel Messi

Inter Miami Terang-terangan Goda Lionel Messi dan Sergio Busquets

Perhatian PSG Sepenuhnya Tertuju kepada Kylian Mbappe, Bukan Lionel Messi

Sementara untuk kategori Pemain Terbaik Putri FIFA berdasarkan kompetisi yang dihelat pada Agustus 2021 hingga Juli 2022, termasuk di antaranya Piala Eropa 2022 dan Copa America 2022.

Pemenang penghargaan Pemain Terbaik Putra FIFA itu adalah megabintang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, yang memenanginya untuk kali kedua setelah terakhir meraihnya pada 2019 (terhitung sejak acara Pemain Terbaik FIFA tak lagi bersama Ballon d'Or).

Keberhasilan Argentina juara Piala Dunia 2022 jadi salah satu faktor kuat bagi Messi untuk memenanginya, terlebih Argentina sudah puasa gelar juara dunia sejak 1986.

"Senang bisa kembali ke sini. Saya ingin berterima kasih kepada rekan satu tim saya. (Lionel) Scaloni, Dibu, dan kami mewakili mereka (rekan setim Argentina). Penghargaan ini sebagian adalah milik mereka, dan ini merupakan pengakuan bagi seluruh kelompok atas apa yang kami lakukan," papar Messi dikutip dari Goal.

"Tahun ini sangat gila bagi saya untuk memenuhi impian saya (memenangkan Piala Dunia) setelah banyak berjuang dan bersikeras. Pada akhirnya, itu datang, dan itu adalah hal terbesar yang terjadi pada saya dalam karier saya. Beberapa pemain bisa melakukannya melakukannya (memenangkan Piala Dunia) dan puji Tuhan saya bisa melakukannya."

Tidak hanya Messi beberapa penghargaan di acara tersebut juga diborong oleh Argentina, seperti Kiper Terbaik (Emiliano Martinez), Pelatih Terbaik (Lionel Scaloni), dan Fans Terbaik (fans Argentina). Berikut daftar lengkap para pemain di acara Pemain Terbaik FIFA 2022:

Pemain Terbaik Putra: Lionel Messi
Pemain Terbaik Putri: Alexia Putellas
Kiper Terbaik Putra: Emiliano 'Dibu' Martinez
Kiper Terbaik Putri: Mary Earps
Pelatih Terbaik Putra: Lionel Scaloni
Pelatih Terbaik Putri: Sarina Wiegman
Penghargaan Puskas (Gol Terbaik): Marcin Oleksy
Fans Terbaik: suporter Argentina
Penghargaan Fair Play: Luka Lochoshvili

Lionel Messi Argentina Timnas Argentina Pemain terbaik Pemain Terbaik Dunia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan