BolaSkor.com - Legenda Manchester United, Wayne Rooney, berbicara soal masalah yang tengah dialami mantan klubnya saat ini. Menurut striker DC United itu, problematika Red Devils tidak bisa selesai dengan mudah meski bisa merekrut Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi.

Sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013, Man United tidak lagi meraih titel Premier League dan dilatih empat manajer berbeda. Pada musim 2018-19, United mengakhiri musim di peringkat enam dan nirgelar dua musim beruntun.

Ole Gunnar Solskjaer, manajer United, menangani klub usai menggantikan Jose Mourinho Desember silam. Kendati sempat melalui periode negatif jelang akhir musim lalu, Rooney yakin Solskjaer bisa membangkitkan United jika diberi kesempatan melakukannya.

Baca Juga:

Legenda Manchester United Tak Sanggup Melihat Liverpool Juara Premier League

Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney Dijadikan Contoh Model Rekrutan Pemain Man United

Cristiano Ronaldo Juara UEFA Nations League, Warganet Nyinyir Lionel Messi

Wayne Rooney

"Klub harus membangun skuat dengan pemain-pemain yang lebih muda, tapi mereka harus cukup bagus dan saya pikir fans paham mereka mungkin tidak akan berkompetisi untuk (titel) Premier League musim depan," tutur Rooney kepada BBC Sport.

"Berikan Ole waktu untuk membangun sebuah tim untuk dua-tiga tahun ke depan agar mereka bisa bersaing di Premier League dan level Liga Champions."

"Ini bergantung kepada tim-tim seperti United, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham (Hotspur), serta mungkin Everton di dua tahun ke depan untuk mencapai level Liverpool dan Manchester City," pungkasnya.

Rooney, 33 tahun, juga menyarankan Solskjaer untuk lebih memprioritaskan membangun skuat dengan merekrut pemain-pemain muda berbakat dan bisa jadi investasi jangka panjang.

Merekrut pemain berpengalaman, matang, berkualitas, dan sering meraih trofi seperti Ronaldo, Messi, atau Sergio Ramos, menurut Rooney, tidak akan menyelesaikan masalah United karena itu hanya akan jadi solusi jangka pendek.

"Hal pertama yang harus dilakukan Ole adalah membangun skuat dan saa pikir mendatangkan satu-dua pemain seharga 100 juta poundsterling tidak akan menolong pemain yang sudah ada (dalam skuat)," imbuh Rooney.

"Ole lebih baik menghabiskan 30-40 juta poundsterling kepada pemain-pemain dengan potensi dan membangun skuat di sekitar lima atau enam pemain."

"Anda bisa membeli pemain-pemin seperti (Cristiano) Ronaldo, (Lionel) Messi, (Sergio) Ramos, atau (Gareth) Bale, tapi itu akan membuat Anda menghabiskan 350 juta poundsterling dan Anda hanya mendapatkan waktu dua tahun dari mereka, lalu uang tersebut terbayarkan."

Man United, melalui laman resmi mereka, berhasil merekrut Daniel James (21 tahun) dari Swansea City sebesar 18 juta poundsterling. Usai mendatangkan James, United kabarnya mengajukan penawaran untuk merekrut Aaron Wan-Bissaka dari Crystal Palace.