Lionel Messi dan Sejarahnya di Piala Dunia: Debut hingga Final yang Menyakitkan

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 27 Maret 2018
Lionel Messi dan Sejarahnya di Piala Dunia: Debut hingga Final yang Menyakitkan
Piala Dunia 2018 merupakan Piala Dunia keempat bagi Lionel Messi (Getty Images)

BolaSkor.com - Tidak pernah ada yang meragukan kapasitas Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia. Selama bertahun-tahun, La Pulga memperlihatkan talenta bermainnya di Barcelona yang diiringi kesuksesan meraih trofi besar, hingga penghargaan personal berupa lima Ballon d'Or.

Kita, manusia generasi terkini yang hidup di era Messi dan Cristiano Ronaldo, cukup beruntung menyaksikan rivalitas keduanya untuk jadi yang terbaik di dunia. Namun sayangnya, ketika berbicara dengan ruang lingkup internasional, alias timnas, Ronaldo sedikit lebih unggul dibanding Messi.

Ronaldo setidaknya sudah pernah mencicipi titel Euro 2016 bersama Timnas Portugal. Sedangkan Messi, baru sekedar meraih medali emas di Olimpiade 2008 dan medali di ajang Piala Dunia U-20. Ia belum pernah meraih trofi bersama Timnas Argentina di ajang sekaliber Piala Dunia atau Copa America.

Hal itulah yang membuat penilaian publik berpikir, bahwa Messi belum layak disejajarkan dengan legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, yang pernah mengantarkan negaranya menjuarai Piala Dunia 1986. Dalam sejarahnya, Messi sudah memainkan tiga Piala Dunia. Jika dalam tiga edisi event empat tahunan itu ia tak mampu memberikan titel Piala Dunia kepada Argentina, mungkin kesempatan keempat menjadi hari keberuntungan untuknya, mungkin.

Sebelum melihat sepak terjang Messi di Piala Dunia 2018, mari untuk sesaat, bernostalgia melihat kiprah Messi di tiga Piala Dunia yang diikutinya pada tahun 2006, 2010, dan 2014. Berikut ulasannya.

Piala Dunia 2018 Lionel Messi FC Barcelona Timnas Argentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan