BolaSkor.com - Megabintang asal Argentina, Lionel Messi, keluar sebagai pemenang penghargaan Ballon d'Or 2019 di seremoni yang berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Selasa (03/12) dini hari WIB. Selain Messi, ada beberapa kategori lain penghargaan di laga tersebut.

Messi, 32 tahun, memenangi penghargaan Ballon d'Or keenamnya di atas Virgil van Dijk (Liverpool) dan sang rival, Cristiano Ronaldo (Juventus), dari pemungutan suara yang dilakukan kepada para jurnalis di seluruh dunia.

"Hari ini saya meraih Ballon d’Or keenam saya. Ini momen yang benar-benar berbeda, saya hidup bersama keluarga dan anak-anak saya," tutur Messi pasca memenangi penghargaan itu, di laman resmi Ballon d'Or.

"Seperti yang istri saya bilang, Anda tak boleh berhenti bermimpi melainkan harus selalu bekerja keras untuk meningkatkan diri dan terus menikmati. Saya sangat beruntung, saya begitu diberkati."

Baca Juga:

Menangi Ballon d'Or Keenam atas Ronaldo, Messi Ingin Nikmati Bermain di Penghujung Karier

Lothar Matthaus Kenang Trofi Piala Dunia dan Ballon d'Or

Mafia Sepak Bola Ada di Balik Kegagalan Ronaldo Raih Ballon d'Or Tahun Lalu

Lionel Messi

Selain pemberian Ballon d'Or 2019 kategori pria, kapten timnas putri Amerika Serikat, Megan Rapinoe, juga menyabet penghargaan Ballon d'Or 2019 kategori wanita berkat keberhasilannya memimpin timnas juara Piala Dunia Wanita 2019.

Megan Rapinoe

Kiper Liverpool, Alisson Becker, meraih Yashin Trophy untuk penghargaan Kiper Terbaik Dunia. Keberhasilan itu tidak lepas dari kontribusi besarnya membenahi pertahanan Liverpool sejak datang dari AS Roma pada musim panas 2018.

Alisson berjasa besar membawa Liverpool juara Liga Champions 2018-19 dan klub hanya kalah sekali di Premier League musim lalu.

Alisson

"Sungguh sebuah kehormatan bisa berada bersama para pemain hebat ini, baik pria maupun wanita," tutur Alisson di laman resmi klub.

"Saya ingin berterima kasih kepada keluarga saya, istri, yang selalu mendukung ke manapun saya pergi. Untuk kedua orang tua di Brasil - Saya rasa mereka sedang menonton saya! Dan juga kepada Tuhan yang sudah memberikan tahun 2019 yang luar biasa, trofi Liga Champions dan beberapa penghargaan individu."

"Saya tidak merasa beruntun, saya merasa diberkahi serta bersyukur. Saya juga ingin berterima kasih kepada rekan-rekan setim, seluruh staf Liverpool. Terima kasih banyak," tambah Alisson yang memenangi penghargaan mengalahkan Marc-Andre ter Stegen dan Ederson.

Penghargaan terakhir ada di kategori Pemain Muda Terbaik di bawah usia 21 tahun, Kopa Trophy, yang dimenangi bek Juventus, Matthijs de Ligt. Bek asal Belanda membawa Ajax Amsterdam ke semifinal Liga Champions musim lalu dan meraih titel Eredivisie sebelum pindah ke Juventus.

De Ligt meraih penghargaan Kopa Trophy yang tahun lalu dimenangi oleh striker PSG (Paris Saint-Germain), Kylian Mbappe.

Daftar Lengkap Pemenang Penghargaan di Ballon d'Or 2019

1. Ballon d'Or 2019: Lionel Messi
2. Ballon d'Or Wanita 2019: Megan Rapinoe
3. Yashin Trophy: Alisson Becker
4. Kopa Trophy: Matthijs De Ligt

Daftar 10 Besar Ballon d'Or

1. Lionel Messi (Barcelona-Argentina)
2. Virgil van Dijk (Liverpool-Belanda)
3. Cristiano Ronaldo (Juventus-Portugal)
4. Sadio Mane (Liverpool-Senegal)
5. Mohamed Salah (Liverpool-Mesir)
6. Kylian Mbappe (PSG-Prancis)
7. Alisson Becker (Liverpool-Brasil)
8. Robert Lewandowski (Bayern Munchen-Polandia)
9. Bernardo Silva (Manchester City-Portugal)
10. Riyad Mahrez (Manchester City-Aljazair)