BolaSkor.com - Berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis, Selasa (30/11) dini hari WIB, acara penghargaan Ballon d'Or 2021 diberikan. Tiga besar peraihnya ditempati oleh Jorginho, Robert Lewandowski, dan Lionel Messi.

Pada akhirnya Messi (34 tahun) memenanginya dan itu jadi raihan Ballon d'Or ketujuh setelah sebelumnya meraihnya pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, dan 2019. Pro kontra serta kontroversi mengiringi hasil tersebut.

Sebab, meski Messi memenangi Copa America dengan timnas Argentina pada 2021 dan juara Copa del Rey bersama Barcelona, musimnya dengan Barca di musim lalu tidak bagus dan Messi tidak tampil optimal.

Publik sedianya menilai Lewandowski (33 tahun) lebih layak memenanginya pada 2020 lalu, tapi karena pandemi virus corona seremoni dibatalkan. Padahal striker timnas Polandia memenangi treble winners dengan Bayern Munchen dan menorehkan banyak gol, melewati rekor Gerd Muller di Bundesliga.

Baca Juga:

PSG Berniat Bajak Lewandowski untuk Gantikan Mbappe

100 Laga Lewandowski di Liga Champions, Lalui Jumlah Gol Messi dan Ronaldo

Lionel Messi Menangi Ballon d'Or Ketujuh, Cristiano Ronaldo Tak Masuk Lima Besar

Robert Lewandowski

"Selamat Leo Messi dan Alexia Putellas pemenang #BallonDor2021, selamat juga untuk semua pemain yang dinominasikan!" ucap Lewandowski.

"Saya memenangkan Striker of the Year Award dan tidak ada pemain yang dapat memenangkan penghargaan individu tanpa tim terkuat dan penggemar setia di belakangnya. Terima kasih atas dukungan Anda."

Pencetak 47 gol pada 2020 untuk klub dan negara itu hanya memenangi penghargaan di kategori baru, Top Skorer Terbaik di acara yang diadakan oleh France Football tersebut. Messi pun setuju jika Lewandowski layak diberikan Ballon d'Or pertamanya pada 2020.

"Robert, Anda pantas mendapatkan Ballon d'Or Anda. Tahun lalu, semua orang setuju untuk mengatakan bahwa Anda adalah pemenang besar penghargaan ini," tutur Messi usai memenangi Ballon d'Or 2021.

Runner-up Ballon d'Or 1986, Gary Lineker, juga setuju dengan pernyataan Messi. "Saya pikir tahun lalu pada Ballon d'Or 2020 seharusnya itu diberikan kepada Robert Lewandowski. Dia layak memenanginya dan layak memenangi sekali," tambah Lineker di Twitter.

"Messi setuju. Messi benar. Berikan Robert Lewandowski penghargaan itu. Hal yang mudah dilakukan dan juga benar melakukannya."

Terlepas dari kontroversi pemilihan tersebut, Lineker memberi ucapan selamat kepada Messi bersama juga dengan Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi.

Lionel Messi menangi Ballon d'Or ketujuh

"Angka tujuh yang sangat hebat. Selamat kepada Lionel Messi karena memenangkan Ballon d'Or lagi. Pesepak bola yang benar-benar luar biasa dan penghargaan mutlak untuk olahraga ini baik di dalam maupun di luar lapangan," tutur Lineker.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Leo dengan hangat. Klub sangat bangga bahwa salah satu pemain kami telah memenangkan gelar paling bergengsi dan didambakan ini," tambah Al-Khelaifi.

"Leo membuat sejarah sepak bola sekali lagi. Bersama dengan semua pendukung kami di seluruh dunia, kami senang dapat menikmati salah satu pesepak bola paling ikonik sepanjang masa dengan seragam Rouge and Bleu," urai dia.