Lionel Messi Siapkan Mental untuk Bertanding di Stadion Kosong

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 28 Mei 2020
Lionel Messi Siapkan Mental untuk Bertanding di Stadion Kosong
Lionel Messi (Twitter)

BolaSkor.com - LaLiga berencana melanjutkan musim 2019-2020 secara tertutup pada Juni mendatang. Lionel Messi menganggap bermain di stadion kosong merupakan sebuah tantangan berbeda.

Menggelar pertandingan tanpa penonton memang menjadi salah satu protokol keamanan yang akan diterapkan. Hal ini terpaksa dilakukan karena pandemi virus corona masih berlangsung.

Messi menyebut bermain dengan atau tanpa penonton merupakan dua hal yang sangat bertolak belakang. Maka dari itu, ia yakin hal ini akan mempengaruhi penampilan semua pemain.

Baca Juga:

Menanti Serial The Last Dance Versi Lionel Messi

New Normal dan Efek Pandemi Virus Corona yang Mengejutkan Lionel Messi

Pelatih Timnas Argentina Dukung Rencana Barcelona Duetkan Lautaro Martinez dan Lionel Messi

"Ada rencana untuk menyelesaikan La Liga musim ini tanpa penonton yang akan memberi tantangan tersendiri. Persiapan tim mungkin sama dengan persiapan seperti pertandingan-pertandingan lainnya," kata Messi dilansir dari AS.

"Namun secara individu, setiap pemain perlu mempersiapkan mental dan memvisualisasikan situasi bermain tanpa penonton karena itu sangat aneh. Saya pernah menghadapi itu di laga kandang dan itu benar-benar menyeramkan."

Messi memang pernah menjalani laga tanpa penonton bersama Barcelona saat menjamu Las Palmas pada musim 2017-2018. Saat itu, situasi sedang tak kondusif karena adanya bentrok antara pihak kepolisian dan para pengunjuk rasa terkait referendum Catalunya.

Penonton memang merupakan salah satu nyawa dalam sebuah pertandingan. Meski tidak berkontribusi langsung, tapi peran mereka bisa mempengaruhi penampilan para pemain di lapangan.

Contoh paling nyata terlihat di Bundesliga yang sudah melanjutkan kompetisi secara tertutup. Para pemain seperti kurang bergairah meski duel-duel keras tetap berlangsung.

Lionel Messi Barcelona LaLiga Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan