BolaSkor.com - Kepastian terkait perpanjangan kontrak Lionel Messi di Barcelona masih belum jelas. Itu membuat La Pulga terancam menjadi pengangguran hingga musim dingin mendatang.

Presiden Barcelona, Joan Laporta boleh saja mengklaim Messi sudah sepakat untuk menandatangani kontrak anyar. Megabintang Argentina itu juga kabarnya rela mendapat gaji yang jauh lebih kecil ketimbang sebelumnya.

Namun masalah Barcelona tak berhenti sampai di sana. El Barca harus bisa memenuhi regulasi batasan beban gaji yang diterapkan LaLiga untuk bisa mendaftarkan Messi serta empat bintang anyarnya.

Baca Juga:

Presiden Barcelona Kembali Bocorkan Progres Kontrak Anyar Lionel Messi

Memphis Depay Tak Sabar Bermain dengan Pemain Pengangguran, Lionel Messi

Starting XI Pemain Bebas Transfer pada Musim Panas 2021: Lionel Messi Jadi Striker

Lionel Messi

Barcelona sebenarnya sudah punya rencana untuk menyelesaikan masalah ini. Blaugrana berniat melepas sejumlah bintang bergaji mahal seperti Antoine Griezmann, Philippe Coutinho, dan beberapa pemain lain.

Masalahnya, rencana tersebut tak berjalan mulus. Usaha Barcelona menawarkan kedua pemain tersebut ke klub lain belum membuahkan hasil.

Kondisi ini menjadi alarm bahaya karena LaLiga 2021-2022 akan dimulai tiga pekan lagi. Sementara bursa transfer kompetisi kasta tertinggi liga Spanyol itu ditutup pada 31 Agustus mendatang.

Kesepakatan perpanjangan kontrak Messi akan percuma jika Barcelona tidak bisa mengurangi beban gajinya. Klub asal Catalunya tersebut tetap tidak bisa mendaftarkannya di LaLiga.

Jika kondisi tersebut terjadi, Messi kemungkinan besar baru bisa didaftarkan pada bursa transfer musim dingin, Januari tahun depan. Itu dengan catatan Barcelona mampu mengurangi beban gajinya.

Opsi ini kemungkinan membuat Messi berada dalam dilema. Ia tentu tak mau melewati paruh pertama musim ini sebagai penonton.

Kemungkinan lain adalah Messi tetap menandatangani kontrak anyar dengan Barcelona. Namun ia kemudian langsung dipinjamkan selama setengah musim.

Namun bukan tidak mungkin Messi pada akhirnya menolak memperpanjang kontrak di Barcelona. Ia lalu pindah ke klub lain secara gratis.

Andai opsi ini yang diambil, Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester City menjadi klub yang paling berpeluang mendapatkan Messi. Keduanya memang terus memantau perkembangan pemain berusia 34 tahun tersebut.