Lisa Rumbewas, Atlet Papua yang Banyak Persembahkan Medali Olimpiade untuk Indonesia

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Selasa, 20 Agustus 2019
Lisa Rumbewas, Atlet Papua yang Banyak Persembahkan Medali Olimpiade untuk Indonesia
Lisa Rumbewas. (Zimbio)

BolaSkor.com - Suasana memanas di wilayah timur Indonesia, tepatnya di daerah Papua. Tudingan pelecehan terhadap Bendera Merah Putih menjadi alasan terjadi tegangan antara sejumlah kelompok dengan orang-orang asal Papua.

Semua bermula dari peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, serta Semarang, Jawa Tengah. Mereka dituding membuang Bendera Mearh Putih menjelang kemerdakaan Indonesia.

Kondisi tersebut membuat beberapa kelompok orang mengepung asrama mahasiswa di sejumlah kota tersebut. Buntutnya adalah kerusuhan yang terjadi di Manokwari.

Massa di Manokwari berusaha membakar kantor DPRD setempat serta memblokade sejumlah jalan utama. Mereka juga melakukan aksi membakar ban sebagai bentuk protes.

Baca Juga:

Pesepak Bola Papua yang Berhasil Berikan Prestasi untuk Indonesia

Soal Kasus Rasisme, Pelatih Timnas Wanita Indonesia Rully Nere: Papua Juga NKRI

Logo Olimpiade

Di tengah suasana mencekam tersebut, sejatinya masyarakat Indonesia menyadari kontribusi penting Papua bagi perkembangan bangsa. Tak terkecuali dari bidang olahraga.

Pada cabang olahraga sepak bola, sejumlah pemain top lahir dari Tanah Papua. Mulai dari Rully Nere, Boaz Solossa, hingga terbaru Todd Rivaldo Ferre dan Osvaldo Haay.

Di luar cabang olahraga itu, prestasi atlet asal Papua di Indonesia juga cukup mentereng. Sebut saja peraih medali Olimpiade, Raema Lisa Rumbewas, atau yang akrab dengan sapaan Lisa Rumbewas.

Lahir di Jayapura pada 10 September 1980, Lisa Rumbewas merupakan atlet angkat besi. Lahir dari keluarga binaragawan, sejak kecil Lisa akrab dengan olahraga angkat besi.

Papua Indonesia Olimpiade Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan