BolaSkor.com - Bali United tetap tampil penuh meski sang pelatih, Stefano Cugurra Teco, terkendala permasalahan lisensi. Pelatih asal Brasil itu masih bisa duduk di bench Serdadu Tridatu saat kalahkan Tampines Rovers 5-3, dalam preleminary Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2020 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (14/1) malam.

Permasalahan lisensi ini memaksa Bali United menempatkan Emral Abus sebagai pelatih kepala. Emral sudah memiliki lisensi AFC Pro, sesuai persyaratan lisensi kepelatihan di LCA 2020.

Namun, posisi Emral dipastikan sekadar pencantuman nama. Soal strategi tetap menjadi kuasa penuh dari Stefano Cugurra. Teco, sapaan akrabnya, sudah membentuk tim ini sejak awal 2019 lalu. Hasilnya terbukti, gelar Liga 1 2019 sudah di tangan.

Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri memastikan, Teco sebenarnya sudah memiliki lisensi profesional, sesuai persyaratan LCA 2020. Hanya saja, dulu Teco mengikuti lisensi kepelatihan versi ABTF atau asosiasi kepelatihan Brasil.

Baca Juga:

Teco Puji Mental Bertanding Skuat Bali United saat Kalahkan Tampines Rovers 5-3

Gebuk Tampines Rovers 5-3, Bali United Tantang Melbourne Victory di Kualifikasi Kedua LCA 2020

"CBF baru ada (kursus lisensi) tiga tahun terakhir ini, sedangkan dulu ada ABTF. Ini sudah dikoordinasikan antara ABTF dan CBF, namun belum selesai koordinasinya, karena libur natal di Brasil panjang," terang Yabes Tanuri, Senin (13/1).

"Tapi (Teco) tetap ada di bench. Statusnya untuk ACL iya (asisten), tapi untuk AFC tidak (tetap pelatih kepala)," imbuhnya.

Bali United akan menghadapi preleminary kedua LCA 2020 menghadapi tuan rumah Melbourne Victory, 21 Januari 2020 mendatang. Jika menang, Bali United menghadapi Kashima Antlers, pada laga playoff LCA 2020, 28 Januari 2020 mendatang.

Jika menang, Bali United berhak berlaga di LCA 2020. Namun, jika kalah dalam dua laga itu, Bali United mengikuti Piala AFC 2020. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)