Lisensi Teco Setara A AFC, Bali United Tunggu Kebijakan PSSI

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 01 September 2021
Lisensi Teco Setara A AFC, Bali United Tunggu Kebijakan PSSI
Stefano Cugurra. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco sudah mendapat hasil atas verifikasi AFC tentang lisensi kepelatihannya. Ternyata, lisensi yang dimiliki Teco setara A AFC atau setingkat di bawah regulasi Liga 1 2021/2022.

Dalam regulasi Liga 1, pelatih kepala tim Liga 1 wajib memiliki lisensi AFC Pro atau dalam level sama bila berasal dari konfederasi lain. Dari 18 kontestan Liga 1, ternyata ada dua tim yang tak memiliki pelatih dengan lisensi setara AFC Pro. Selain Persiraja Aceh (Hendri Susilo - A AFC), Bali United juga memiliki nasib sama.

Lisensi kepelatihan Teco sempat diverifikasi konfederasi sepak bola Asia (AFC), karena dia berasal dari CONMEBOL, tepatnya Brasil. Dari hasil penyetaraan, lisensi Teco ternyata masuk kategori A AFC.

Baca Juga:

Catatan Kurang Baik Iringi Persebaya Hadapi Borneo FC, Aji Santoso Cuek

Profil Tim Liga 1 2021/2022: Persebaya Surabaya

"Kami dapat keterangan penyetaraan dari AFC hari Jumat saat pertandingan pembuka Liga 1. Lisensi dari coach Teco setara dengan lisensi A AFC," ucap manajer Bali United, Michael Gerald, Rabu (1/9).

Persiraja mendapat dispensasi dari PSSI berkaitan dengan lisensi Hendri Susilo. Pelatih asal Sumatera Barat itu tetap menyandang status sebagai pelatih kepala meski baru memiliki lisensi A AFC.

Michael Gerald menyebut Bali United akan menunggu kebijakan dari PSSI. "Iya benar sama (Hendri Susilo). Soal itu (dispensasi), nanti tunggu keterangan dari PSSI," tutur Michael Gerald.

Selain Teco, Bali United pun sudah mengajukan verifikasi pada AFC terkait lisensi pelatih kiper Marcelo Pires. Sama seperti Teco, Marcelo merupakan pelatih dari zona CONMEBOL, tepatnya Brasil.

Lantaran keterangan baru didapat pada hari pembukaan Liga 1, Jumat (27/8) lalu, Marcelo sempat masuk bench dengan status Interpreter atau penerjemah. Begitu pula dengan Teco yang diposisikan sebagai manajer, sementara Michael Gerald jadi asisten manajer.

"Iya benar, coach Marcelo juga keluar (hasil verifikasi AFC) saat hari pertandingan. Semoga pada pertandingan kedua nanti sudah sesuai (jabatan)," papar Michael Gerald.

Bali United akan menghadapi Barito Putera pada Minggu (11/9) mendatang. Menarik untuk dinantikan apakah posisi keduanya dalam daftar susunan pemain (DSP) akan bergeser lagi. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Pssi Liga 1 Bali United Stefano Cugurra
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan