Liverpool 0-0 Man City, The Citizens Kudeta Chelsea dari Puncak Klasemen Premier League

Arief HadiArief Hadi - Senin, 08 Oktober 2018
Liverpool 0-0 Man City, The Citizens Kudeta Chelsea dari Puncak Klasemen Premier League
Riyad Mahrez gagal cetak gol ke gawang Liverpool via titik putih (Zimbio)

BolaSkor.com - Meski hanya bermain imbang tanpa gol melawan Liverpool di pekan delapan Premier League, Manchester City tetap mampu memuncaki klasemen dan merebutnya dari Chelsea dengan raihan poin yang sama: 20 poin. The Citizens unggul selisih gol.

Sama-sama mengusung formasi 4-3-3 dan juga memainkan sepak bola ofensif. Pertarungan di Anfield benar-benar berlangsung seru di antara kedua tim. Serangan silih berganti dilakukan kedua tim dengan filosofi sepak bola yang berbeda.

Liverpool-nya Jurgen Klopp bermain dengan cepat ketika mampu merebut bola dari penguasaan pemain Manchester City. Sebisa mungkin mereka mencetak gol dari serangan balik. Permainan seperti ini memang menjadi esensi gegenpressing.

Sementara Man City mendominasi penguasaan bola sampai persentase 71 berbanding 29 persen tuan rumah. Sayangnya, dominasi mereka tak mampu membongkar rapatnya pertahanan Liverpool yang digalang Virgil van Dijk dan Dejan Lovren.

Serangan dari kedua sisi sayap yang ditempati Raheem Sterling dan Riyad Mahrez juga tak mampu menembus pertahanan Liverpool. Begitu juga tuan rumah. Tiap serangan balik cepat mereka yang dilakukan Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino serlalu dimentahkan pertahanan City.

Pertarungan berlangsung ketat dan tidak ada gol yang tercipta di babak pertama. Jangankan gol, kedua tim juga tidak mencatatkan satupun tendangan tepat sasaran.

Intensitas pertandingan meningkat di babak kedua. Liverpool dan Man City saling berlomba untuk menentukan siapa yang akan terlebih dahulu mencetak gol. Satu gol yang mungkin akan sangat krusial untuk menentukan pemenang laga.

Peluang demi peluang mulai terbuka di babak kedua. Mahrez melepaskan dua tendangan: satu melesat di samping gawang Liverpool dan satunya lagi ditepis Alisson Becker. Mo Salah juga menguji ketangguhan Ederson Moraes dengan sepakan kaki kiri yang relatif lemah dan mampu diantisipasi sang kiper.

Memasuki menit 72, Klopp telah memasukkan dua pemain dari bangku cadangan Liverpool: Naby Keita dan Daniel Sturridge. Keduanya menggantikan James Milner yang cedera dan Firmino yang kesulitan mengembangkan permainannya.

Guardiola juga telah memasukkan Gabriel Jesus untuk menggantikan Aguero. Jesus diharapkan bisa memberi enerji baru di lini depan Man City. Aguero melanjutkan catatan minor tak pernah mencetak gol di Anfield.

Pertandingan berjalan cukup membosankan karena bola seringkali kandas di sepertiga pertahanan lawan. Publik Anfield baru kembali riuh (ramai oleh fans Man City) ketika Leroy Sane yang baru masuk menggantikan Sterling dijatuhkan Virgil van Dijk pada menit 84.

Penalti diberikan dan Mahrez mengeksekusinya. Sayang baginya, tendangan Mahrez jauh dari sempurna dan melambung tinggi dari mistar gawang Liverpool. Kegagalan itu cukup disesalinya, karena pada akhirnya, laga tetap berakhir tanpa gol plus tambahan waktu tiga menit.

Man City tetap memuncaki klasemen meski hanya meraih hasil imbang. Perolehan poin mereka sama dengan Chelsea dan Liverpool, 20 poin, dengan hanya berbeda di selisih gol.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Andrew Robertson, Virgil van Dijk, Dejan Lovren, Joe Gomez; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, James Milner (Naby Keita 29'); Sadio Mane, Roberto Firmino (Daniel Sturridge 72'), Mohamed Salah

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Benjamin Mendy, Aymeric Laporte, John Stones, Kyle Walker; David Silva, Fernandinho, Bernardo Silva; Raheem Sterling (Leroy Sane 75'), Sergio Aguero (Gabriel Jesus 65'), Riyad Mahrez

Breaking News Premier League Liverpool Manchester City Jurgen Klopp Pep Guardiola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.110

Bagikan