BolaSkor.com - Liverpool memetik kemenangan 2-1 atas Brighton & Hove Albion pada laga ke-14 Premier League di Anfield, Sabtu (30/11) malam WIB. Dua gol Liverpool dicetak oleh Virgil van Dijk di babak pertama. Sedangkan satu gol Brighton dicetak oleh Lewis Dunk pada menit ke-79.

Dengan kemenangan ini Liverpool menyamai rekor 31 laga tidak terkalahkan di kompetisi kasta tertinggi Inggris yang dicatat Mei 1987 hingga Maret 1988. Selain itu, Liverpool kini sudah mencatat 14 kemenangan kandang beruntun di Premier League, terpanjang dalam sejarah mereka. Tak hanya itu, Liverpool mengulangi catatan 31 laga liga tak pernah kalah di Anfield yang pernah diukir pada musim 1987-88.

Baca Juga:

Liverpool Terancam Tanpa Fabinho hingga Akhir Tahun, Sadio Mane Tidak Risau

Carlo Ancelotti Beberkan Resep Hentikan Permainan Liverpool

Liverpool di Ambang Pemecahan Rekor, Jurgen Klopp Tidak Peduli

Liverpool melakukan tiga pergantian dari skuat yang bermain imbang dengan Napoli di tengah pekan. Trent Alexander-Arnold, Gini Wijnaldum, dan Alex Oxalde-Chamberlain kali ini tampil menjadi starter mengantikan Joe Gomez, James Milner, dan Fabinho yang cedera. Sedangkan kubu Brighton melakukan empat perubahan dibanding pekan lalu.

Liverpool langsung menekan pertahanan Brighton sejak duel dimulai. Dalam 15 menit pertama pasukan The Reds menekan, namun pertahanan Brighton masih solid menahan.

Peluang didapat Liverpool di menit ke-16. Roberto Firmino melepaskan tendangan keras ke gawang Brighton setelah menerima umpan dari Sadio Mane. Tetapi bola sepakan Firmino masih berhasil diblok kiper Brighton Mathew Ryan.

Liverpool akhirnya bisa menjebol gawang tim tamu. Memanfaatkan umpan sepakan bebas Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk sukses mengirim bola masuk ke gawang lewat sundulan kepala.

Selang enam menit kemudian, Van Dijk kembali mencatatkan nama di papan skor lewat skema bola mati. Kali ini Van Dijk mengubah umpan sepakan pojok Alexander-Arnold menjadi gol.

Unggul dua gol Liverpool terus menggempur pertanahan Brighton. Di pengujung babak pertama, serangan Liverpool nyaris menambah keunggulan. Namun bola tendangan Alex Oxlade Chamberlain bisa diredam Ryan. Hingga paruh pertama berakhir skor 2-0 untuk tuan rumah tidak berubah.

Di awal babak kedua, ritme permainan tidak jauh berbeda dengan paruh pertama. Dalam penguasaan bola kedua kubu nyaris berimbang.

Pada menit ke-54, Brighton memiliki peluang menipiskan kedudukan. Namun bola tandukkan Lewis Dunk yang unggul duel udara dengan Dejan Lovren melenceng tipis.

Brighton kembali menciptakan peluang pada menit 62. Beruntung bagi tuan rumah, usaha Aaron Connoly masih bisa dijinakkan Alisson.

Selang tiga menit, Liverpool peluang emas gagal dimanfaatkan Liverpool. Bola sepakan Chamberlain di dalam kotak penalti gagal menjadi gol setelah diblok Dunk.

Pada menit ke-76, petaka mendatangi Liverpool ketika sang kiper Alisson harus menerima kartu merah karena memegang bola di luar sarangnya. Selang beberapa saat, Brighton mencetak gol menyusul kelengahan lini belakang Liverpool menghadapi sepakan bebas Dunk. Skor berubah 2-1.

Sepuluh menit kemudian Brighton yang unggul jumlah pemain kembali mendapatkan peluang. Namun bola hasil sepakan keras Mooy masih bisa diblok kiper pengganti Adrian.

Menit ke-88, Brighton kembali mengancam dan lagi-lagi gagal menjadi gol. Bola sundulan Gross sempat terlepas dari tangkapan Andrian, namun sang kiper masih bisa bereaksi mengamankan bola.

Hingga laga usai Liverpool mampu mempertahankan kemenangan 2-1. Tambahan tiga poin ini membuat Liverpool masih kokoh di puncak klasemen Premier League dengan raihan 40 poin. Mereka kini unggul 11 poin di atas sang juara bertahan Manchester City yang duduk posisi kedua setelah ditahan imbang 2-2 oleh Newcastle United.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Alex Oxlade-Chamberlain; Mohamed Salah (Lallana 70), Roberto Firmino (Origi 74), Sadio Mane

Brighton & Hove Albion (4-3-3): Mathew Ryan, Martin Montoya (Alzate 70), Adam Webster, Lewis Dunk, Dan Burn; Yves Bissouma (Trossard 70), Dale Stephens, Davy Propper; Pascal Gross, Aaron Connolly, Aaron Mooy