BolaSkor.com - Titel Premier League semakin mendekat ke Anfield. Liverpool menaklukkan rival klasik, Manchester United, di pekan 23 Premier League dengan skor 2-0 di Anfield, Minggu (19/01) malam WIB. Hasil ini memastikan The Reds telah mengalahkan seluruh tim Premier League musim ini.

Liverpool turun dengan formasi terbaiknya 4-3-3 dan juga trio andalan di lini depan: Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Sementara Manchester United tidak diperkuat Paul Pogba dan Marcus Rashford karena cedera. Ole Gunnar Solskjaer menerapkan taktik 4-2-3-1.

Man United mengandalkan Anthony Martial di depan yang ditopang oleh pergerakan Daniel James, Andreas Pereira, dan Brandon Williams. Nama yang disebut terakhir sedianya berposisi sebagai bek kiri. Ada indikasi Solskjaer mengandalkan kecepatannya dalam serangan balik.

Baca Juga:

Perang Urat Saraf, Solskjaer Sebut Liverpool Bukan Tim Terbaik Sekalipun Raih Treble

Marcus Rashford Absen Melawan Liverpool, Paul Ince Salahkan Manchester United

Kombinasi Susunan Pemain Terbaik Liverpool dan Manchester United Musim 2019-20

Benar saja, Man United langsung memainkan blok rendah (low block) dan menanti peluang untuk mencuri bola dan melancarkan serangan balik. Martial, James, Pereira, dan Williams diharapkan dapat menjadi titik poin serangan balik itu.

Rencana itu berjalan baik di 10 menit pertama. Akan tapi gawang David De Gea sudah jebol pada menit 14. Berawal dari situasi sepak pojok yang diambil Trent Alexander-Arnold, bola disambar Virgil van Dijk dan mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Liverpool sedianya kembali mencetak gol di menit 26. Namun gol Firmino dianulir karena sebelumnya ada pelanggaran Van Dijk kepada De Gea. Wasit baru menganulirnya setelah meninjau dari VAR (Video Asisten Wasit).

Sampai paruh pertama, plus tambahan waktu dua menit berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta di Anfield. Gol Van Dijk sejauh ini jadi pembeda bagi keunggulan 1-0 Liverpool atas United. Liverpool sepenuhnya mendominasi permainan dan United mengandalkan serangan balik.

Duel perebutan bola Nemanja Matic dan Sadio Mane

Jalannya pertandingan di babak kedua tidak jauh berbeda. Liverpool punya peluang mencetak gol dari Mo Salah, Mane, dan Jordan Henderson, namun tidak ada satupun yang berbuah gol.

Pun demikian Man United. Fans dibuat frustrasi setelah melihat dua peluang emas dari Fred dan Martial tidak tepat sasaran. Khususnya Martial di menit 59 ketika tinggal berhadapan dengan Alisson. Pada menit 66 Jurgen Klopp mengganti Alex Oxlade-Chamberlain dengan Adam Lallana.

Ole Gunnar Solskjaer baru mengganti pemainnya pada menit 74. Dua pemain sekaligus langsung bermain, yakni Juan Mata dan Mason Greenwood, menggantikan Williams dan Pereira. 15 menit tersisa untuk satu gol yang bisa jadi pembeda bagi kedua tim.

Tempo pertandingan mulai melambat jelang akhir laga. Klopp memasukkan Divock Origi dan Fabinho di menit 83 menggantikan Firmino dan Mane. Klopp coba memberikan enerji bermain baru di lini depan, sementara Fabinho untuk melapis lini belakang.

Drama terjadi jelang laga bubar. Man United mengerahkan segalanya untuk mencetak gol dan menyisakan cela di lini belakang. Liverpool menghukumnya dari serangan balik dan Mo Salah menyelesaikannya dengan gol kemenangan di menit 90+3. 2-0 dan laga berakhir untuk kemenangan Liverpool. Liverpool kini berjarak 16 poin dari urutan dua, Manchester City, dan masih memiliki satu laga tunda.

Gol Mohamed Salah

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain (Adam Lallana 66'), Jordan Henderson, Georginino Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Divock Origi 83'), Sadio Mane (Fabinho 83').

Pemain Cadangan: Takumi Minamino, Curtis Jones, Adam Lallana, Divock Origi, Adrian, Fabinho, Joel Matip.

Manajer: Jurgen Klopp

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw (Diogo Dalot 87'); Fred, Nemanja Matic; Daniel James, Andreas Pereira (Juan Mata 74'), Brandon Williams (Mason Greenwood 74'); Anthony Martial.

Pemain Cadangan: Diogo Dalot, Eric Bailly, Mason Greenwood, Jesse Lingard, Sergio Romero, Juan Mata, Phil Jones.

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer