Liverpool 2-2 Tottenham Hotspur: Dramatis di Ujung Laga

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 05 Februari 2018
Liverpool 2-2 Tottenham Hotspur: Dramatis di Ujung Laga
Mohamed Salah mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur (bbc)

BolaSkor.com - Liverpool membuang dua kali keunggulan dan harus puas berbagi satu poin dengan Tottenham Hotspur, Senin (5/2) dini hari WIB. Laga sengit yang berlangsung di Stadion Anfield ini berakhir imbang 2-2. Gol Harry Kane di ujung laga menyelamatkan Tottenham dari kekalahan.

Duel baru berjalan tiga menit Liverpool berhasil menjebol gawang Tottenham Hotspur. Kombinasi serangan dari Sadio Mane dan Roberto Firmino membuat pertahanan Spurs goyah.

Kegagalan Eric Dier menghentikan bola ke arah Mohamed Salah yang dengan mudah menaklukkan Hugo Lloris. Gol Premier League ke-20 bagi Mo Salah musim ini.

Unggul satu gol Liverpool terus memainkan sepak bola menekan. Tekanan tuan rumah acap memaksa Tottenham memainkan bola panjang langsung dari belakang. Harry Kane yang menjadi tombak tunggal Spurs nyaris tak pernah menyentuh bola dalam sepuluh menit pertama.

Pada menit ke-18 peluang pertama didapat Tottenham. Namun tembakan Son Hyung min masih bisa diblok oleh Virgil vsn Dijk dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Selang semenit kemudian Liverpool berbalik menyerang dan nyaris membuahkan gol. Liverpool lewat Salah gagal menyarangkan bola dalam sebuah kemelut di depan gawang Spurs.

Tim tamu mulai mampu melepaskan diri tekanan Liverpool. Namun di sisi lain lini pertahanan mereka acap kerepotan menghadapi serangan tuan rumah. Peluang kembali didapat Liverpool pada menit ke-23, namun bola sundulan Firmino masih melebar tipis.

Meski bergantian melepaskan tembakan, tak ada gol lagi hingga babak pertama selesai. Liverpool layak unggul di babak pertama. Uniknya, pada babak pertama The Reds hanya menguasai bola sebanyak 38 persen. Meski begitu mereka melepaskan delapan tembakan sedangkan Spurs hanya lima.

Memasuki babak kedua, Hotspur mencoba melancarkan serangan terlebih dulu. Namun, usaha mereka masih gagal. Sedangkan Liverpool terus menekan hingga ke area lawan. Pemain Liverpool langsung mengepung siapa saja yang mengusai bola. Pemain-pemain Hotspur tak diberikan waktu dan ruang untuk kuasai dengan nyaman.

Alhasil, serangan Tottenham seperti kehilangan pola. Mereka melepaskan bola hanya karena tak ingin direbut oleh pemain Liverpool. Sementara The Reds akan langsung melancarkan serangan begitu sukses merebut bola.

Laga tersisa 25 menit, Tottenham mulai menemukan ritme serangan. Berulang kali Dele Alli dan Son mengancam pertahanan tuan rumah. Pada menit ke-70 Alli terjatuh di kotak penalti Liverpool. Namun, wasit menilai Alli melakukan diving dan menghadiahinya kartu kuning.

Tepat menit ke-80, Tottenham akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Memanfaatkan bola tinjuan Loris Karius, Victor Wanyama langsung menyambar bola. Ini adalah sentuhan pertama Wanyama yang baru saja masuk menggantikan Dembele.

Selang empat menit kemudian, petaka bagi Liverpool berlanjut. Wasit menunjuk titik putih setelah Harry Kane dijatuhkan Karius. Dari tayangan ulang, Kane sejatiya ada di posisi offside sebelum menerima bola. Namun Kane yang tampil sebagai algojo gagal melakukan tugasnya. Karius membayar kesalahannya di gol perama Spurs dengan mematahkan penalti Kane.

Pada saat Tottenham mengejar kemenangan, justru Liverpool yang berhasil membuat gol kedua pada menit ke-90 plus satu. Mo Salah lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor.

Namun keriangan publik Anfield tak berlangsung lama. Selang semenit kemudian, wasit kembali menunjuk titik putih dan memberikan tendangan penalti kepada Hotspur setelah Van Dijk menjatuhkan Erik Lamela.

Tak mau mengulangi kesalahan yang sama, Kane akhirnya membayar tunai kegagalannya. Ini merupakan gol keseratus Kane di Premier League. Gol penalti Kane menjadi aksi penutup di laga ini dengan skor akhir 2-2.

Dengan hasil ini Liverpool bertahan di peringkat ketiga klasemen dengan 51 poin. Namun posisi mereka rawan disalip Chelsea yang baru akan bertanding Selasa (6/2) dini hari WIB.

Susunan Pemain
Liverpool (4-3-3): Karius; Alexander-Arnold, Van Dijk, Lovren, Robertson; Can, Henderson, Milner; Salah, Firmino, Mane.

Tottenham (4-2-3-1): Lloris; Trippier, Sanchez, Vertonghen, Davies; Dier, Dembele; Eriksen, Alli, Son; Kane.

Premier League Tottenham Hotspur Liverpool Mohamed salah
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.089

Bagikan