BolaSkor.com - Liverpool meraih kemenangan 3-1 atas Newcastle United pada laga pekan kelima Premier League 2019-2020, di Stadion Anfield, Sabtu (14/9). Dengan begitu, Liverpool belum pernah terkalahkan dalam 24 laga kandang kontra The Magpies. Perinciannya, The Reds meraih 20 kemenangan plus empat imbang.

Jurgen Klopp menurunkan Adrian pada posisi penjaga gawang seiring kondisi Alisson yang belum pulih 100 persen. Sementara itu, Divock Origi menggantikan peran yang biasanya dimainkan Roberto Firmino.

Dari kubu seberang, Steve Bruce menumpuk pemain di lini belakang dan tengah dengan menggunakan formasi 5-4-1. Taktik tersebut berjalan dengan baik usai Newcastle memimpin 0-1 pada menit ke-7.

Baca Juga:

Kebijakan Transfer Berubah, Liverpool Tak Tertarik Gaet Bintang Muda Jerman

Vincent Kompany Tak Ragu Sebut Virgil van Dijk Bek Terbaik di Premier League

Prediksi Top 5 Premier League Musim 2019-20

Pergerakan Jetro Willems dari sisi kanan coba dihentikan Alex Oxlade-Chamberlain. Namun, sang pemain terlebih dahulu melepaskan tembakan keras dan akurat ke sisi kiri gawang The Reds. Tim tamu membuka keunggulan.

Liverpool baru bisa membalas gol tersebut pada menit ke-28. Pergerakan Andy Robertson dari sisi kiri diselesaikan dengan baik oleh Sadio Mane. Tendangan pemain Senegal itu meluncur deras ke dalam gawang.

Gol tersebut membuat skuat asuhan Jurgen Klopp semakin semangat mengejar kemenangan. Joel Matip dan Virgil van Dijk sempat mendapatkan kesempatan emas mencetak gol. Namun, masih belum membuahkan hasil.

Jurgen Klopp memutuskan memasukkan Firmino pada menit ke-37 usai Origi meringis kesakitan. Origi terlihat mengalami cedera setelah berduel dengan Miguel Almiron.

Masuknya Firmino membuat barisan depan Liverpool semakin tajam. Hasilnya, The Reds memimpin 2-1 pada menit ke-40 usai Sadio Mane mencetak gol kedua. Itu merupakan gol ke-100 Liverpool ke gawang Newcastle.

Gol tersebut bermula oleh aksi Firmino mencuri bola dari Christian Atsu. Kemudian, pemain tim nasional Brasil itu mengirimkan umpan ke Mane. Martin Dubravka mencoba memotong bola, namun tidak berhasil. Tak pelak, Mane bisa memanfaatkan bola yang bergulir liar di depan gawang.

Itu merupakan gol terakhir pada babak pertama. Kedua tim menuju ruang ganti dengan kedudukan 2-1 untuk keunggulan Liverpool.

Sadio Mane

Setelah interval, Liverpool tidak terlihat menurunkan tekanan. The Reds nyaris memperlebar jarak pada menit ke-49. Sayangnya, tendangan Georgino Wijnaldum masih melayang tipis di atas mistar gawang.

Liverpool akhirnya kembali mencetak gol pada menit ke-72. Kali ini, Mohamed Salah menjadi aktor di balik gol itu. Eks AS Roma itu menyelesaikan umpan Firmino dengan tenang. The Reds unggul 3-1.

Memimpin 3-1, Liverpool tidak mengendurkan serangan. Bahkan, Sadio Mane nyaris mencetak hat-trick pada akhir laga. Sayangnya, Firmino lebih dahulu terperangkap offside. Pada akhirnya, skor 3-1 tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool semakin mantap di puncak klasemen sementara usai meraih 15 poin. Berikutnya, James Milner dan kolega akan bertandang ke markas Napoli pada matchday 1 Grup E Liga Champions 2019-2020, Rabu (18/9) dini hari WIB.

Susunan pemain:

Liverpool 4-3-3): Adrian; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain (James Milner 75'), Fabinho, Georgino Wijnaldum (Xherdan Shaqiri 84'); Mohamed Salah, Divock Origi (Roberto Firmino 37'), Sadio Mane

Manajer: Jurgen Klopp

Newcastle United (5-4-1): Martin Dubravka; Emil Krafth (Javi Manquillo 67'), Fabian Schar (Federico Fernandez 80'), Jamal Lascelles, Paul Dummett, Jetro Willems; Christian Atsu, Isaac Hayden, Jonjo Shelvey, Miguel Almiron (Yoshinori Muto 67'); Joelinton

Manajer: Steve Bruce

Wasit: Andre Marriner