Liverpool 5-1 Arsenal: Hat-trick Firmino Warnai Performa Bintang Lima The Reds di Anfield

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 30 Desember 2018
Liverpool 5-1 Arsenal: Hat-trick Firmino Warnai Performa Bintang Lima The Reds di Anfield
Liverpool menang 5-1 atas Arsenal (Foto: @LFC)

BolaSkor.com - Liverpool menunjukkan kelas bermain yang sepenuhnya berbeda dari Arsenal di pekan 20 Premier League. Bermain di Anfield, Minggu (30/12) dini hari WIB, The Reds menang dengan skor telak 5-1.

Jurgen Klopp menerapkan taktik 4-2-3-1 dengan mengandalkan kuartet andalan: Sadio Mane, Roberto Firmino, Xherdan Shaqiri, dan Mohamed Salah. Sementara Unai Emery menerapkan taktik 3-4-2-1 untuk Arsenal.

Pertahanan Arsenal sempat limbung di menit-menit awal laga dari tekanan yang dilakukan pemain Liverpool. Namun, dari situasi yang terduga, serangan balik, Arsenal justru mampu mencuri gol di menit 11.

Baca Juga:

Membandingkan Liverpool Musim Ini dengan 'Invincibles' Arsenal

Liverpool 4-0 Newcastle: The Reds Kokoh di Puncak Klasemen, Man City Keok

Arsenal memanfaatkan celah di pertahanan Liverpool yang belum terbentuk rapih dari serangan balik, melalui gol Ainsley Maitland-Niles yang menyambar umpan silang Alex Iwobi. Alisson tak dapat menepisnya. 1-0 untuk Arsenal.

Gol itu nyatanya malah memicu Liverpool untuk menaikkan intensitas serangan di Anfield. Benar saja, keunggulan Arsenal hanya bertahan tiga menit. Firmino menyamakan kedudukan kala bola di area penalti Arsenal tak mampu diantisipasi lini belakang mereka.

Firmino mengubah kedudukan menjadi 1-1. Momentum itu berlanjut. Hanya dalam kurun waktu dua menit Firmino mencetak gol keduanya di laga ini.

Gol tanpa melihat gawang ala Roberto Firmino

Kali ini, striker asal Brasil memperlihatkan aksi individunya kala melewati Shkodran Mustafi dan Sokratis Papastathopoulos, kemudian menjebol gawang Bernd Leno untuk kali kedua. 2-1 keunggulan berbalik untuk tuan rumah.

Arsenal tampak panik. The Gunners kesulitan keluar dari sistem gegenpressing Liverpool dan kembali kebobolan gol di menit 32. Kali ini giliran Mane yang menerima assist Salah dan mengonversinya jadi gol. 3-1 Liverpool kian menjauh.

Kemalangan dan nestapa tim tamu belum berakhir. Tepat sebelum turun minum, Mo Salah dilanggar oleh Sokratis hingga wasit Michael Oliver memberikan penalti. Tanpa ampun Mo Salah mengonversinya jadi gol. Skor 4-1 menutup paruh pertama.

Di babak kedua masing-masing tim melakukan pergantian pemain pada laga yang sudah berjalan 62 menit. Laurent Koscielny masuk menggantikan Mustafi di Arsenal, dan Jordan Henderson menggantikan Mane di Liverpool.

Perubahan bek Arsenal itu tak membuat mereka tampil lebih baik. Malah Firmino yang mencatatkan hat-trick di menit 65 dan mengelabui Leno untuk ketiga kalinya. Kedudukan menjadi 5-1. Game over untuk Arsenal.

Masuknya Matteo Guendouzi dan Alexandre Lacazette di kubu Arsenal tak mampu menyelamatkan mereka dari kekalahan telak tersebut. Liverpool hanya memperlambat tempo bermain dengan keunggulan jauh itu dan pada akhirnya, sampai laga berakhir, Liverpool menang dengan skor 5-1.

Liverpool kokoh di puncak klasemen Premier League dengan perolehan 54 poin dari 20 laga yang telah berlangsung, terpaut sembilan poin dari Tottenham di urutan dua dan 10 poin dari Manchester City, yang baru memainkan satu laga lebih sedikit.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Nathaniel Clyne 83'); Georginio Wijnaldum (Adam Lallana 78'), Fabinho; Xherdan Shaqiri, Roberto Firmino, Sadio Mane (Jordan Henderson 62'); Mohamed Salah.

Pemain Cadangan: Nathaniel Clyne, Jordan Henderson, Naby Keita, Daniel Sturridge, Adam Lallana, Simon Mignolet, Divock Origi.

Manajer: Jurgen Klopp

Arsenal (3-4-2-1): Bernd Leno; Stephan Lichtsteiner, Sokratis Papastathopoulos, Shokodran Mustafi (Laurent Koscielny 46'); Ainsley Maitland-Niles, Lucas Torreira, Granit Xhaka, Sead Kolasinac (Matteo Guendouzi 80'); Aaron Ramsey, Alex Iwobi; Pierre-Emerick Aubameyang (Alexandre Lacazette 71')

Pemain Cadangan: Petr Cech, Mohamed Elneny, Laurent Koscielny, Alexandre Lacazette, Matteo Guendouzi, Joe Willock, Buyako Saka.

Manajer: Unai Emery

Hasil Laga Pekan 20 Premier League Lainnya:
Watford 1-1 Newcastle United
Brighton & Hove Albion 1-0 Everton
Tottenham Hotspur 1-3 Wolverhampton Wanderers
Fulham 1-0 Huddersfield Town
Leicester City 0-1 Cardiff City

Breaking News Liverpool Arsenal Anfield Premier League Sadio Mane Roberto Firmino Mohamed salah
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan