Liverpool 6-0 Leeds, Konsistensi Mane dan Mo Salah Ukir Rekor Lewati Drogba

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 24 Februari 2022
Liverpool 6-0 Leeds, Konsistensi Mane dan Mo Salah Ukir Rekor Lewati Drogba
Liverpool 6-0 Leeds United (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool sukses menempel ketat Manchester City dalam perebutan titel Premier League. The Reds memenangi laga tunda Premier League melawan Leeds United di Anfield, Kamis (24/02) dini hari WIB dengan skor telak.

Setengah lusin gol alias enam gol dicetak Liverpool pada kemenangan 6-0 atas tim arahan Marcelo Bielsa melalui dua gol penalti Mohamed Salah (15' 35'), dua gol Sadio Mane (80' 90'), Joel Matip (30'), dan Virgil van Dijk (90+3').

Leeds tak punya kesempatan dengan 36 persen penguasaan bola, melepaskan tiga tendangan (dua tepat sasaran). Liverpool dominan dengan 64 persen penguasaan bola, 23 tendangan (15 tepat sasaran). Jarak Liverpool dengan City kini berjarak tiga poin.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Man United dan Ajax Imbang, Liverpool Pepet Man City

Liverpool Cetak Setengah Lusin Gol, Klopp: Bisa Lebih Banyak

150 Gol Mohamed Salah dalam Ingatan Klopp

“Jujur, kami tidak mengejar City; kami mencoba memenangkan pertandingan sepak bola kami. Masalahnya sekarang kami memiliki final Piala Liga di akhir pekan dan City bermain, saya tidak tahu persis siapa, tetapi mereka mungkin memenangkan pertandingan ini, maka itu adalah enam poin lagi sebelum kami memainkan pertandingan Premier League berikutnya," tutur Jurgen Klopp.

“Saya tidak yakin apakah kami memainkan pertandingan berikutnya setelah mereka atau sebelum mereka, (tetapi) mungkin tiba-tiba sembilan poin, jadi kami tidak perlu menghitung hal-hal semacam ini. Kami hanya harus memenangkan pertandingan pertandingan sepak bola."

“Apakah kami melakukan itu dengan kaki depan? (unggul) Ya, tapi sama seperti saya menyukai gol yang kami cetak malam ini, saya menyukai clean sheets karena semua yang kami lakukan didasarkan pada kinerja pertahanan yang terorganisir. Tanpa itu kami hanya tim sepak bola yang bagus. Tetapi dengan itu kami bisa menjadi tim sepak bola yang sukses."

Catatan Menarik

Dari kemenangan itu beberapa catatan menarik atau statistik muncul. Seperti Sadio Mane yang saat ini sudah mencetak 10 gol atau leih dalam 10 musim liga beruntun terhitung sejak musim 2012-2013. Itu menunjukkan konsistensi yang besar.

Selain itu juga Mo Salah telah melewati rekor legenda Chelsea asal Pantai Gading, Didier Drogba sebagai pemain dengan kontribusi gol terbanyak dari pemain asal Afrika di Premier League: Mo Salah 160 gol dan Drogba 159 gol.

Mo Salah juga memimpin dengan gol Premier League terbanyak yang dicetak pemain Afrika di kompetisi dengan 116 gol, di atas Sadio Mane (105 gol) dan Drogba (104 gol). Selain dua catatan itu berikut fakta-fakta menarik lainnya.

1. Mo Salah pemain Liverpool pertama dengan catatan dua digit gol dan assists di tiga musim: 32 gol dan 10 assists pada 2017-2018, 19 gol dan 10 assists pada 2019-2020, dan 19 gol serta 10 assists sejauh ini pada 2021-2022.

2. Virgil van Dijk samai rekor legenda Man United, Lee Sharpe untuk rekor unbeaten di laga kandang Premier League untuk satu klub (59 laga).

3. Leeds telah kebobolan enam gol atau lebih saat kalah di satu musim liga untuk kali kedua dalam sejarah klub, terakhir pada musim 1934-1935.

4. Liverpool tim paling sering diberi penalti dengan 170 penalti di Premier League, melebihi 169 penalti Man United, 157 penalti Chelsea, 156 penalti Arsenal, dan 137 penalti Man City.

5. Alisson mencatatkan 100 clean sheets dalam kariernya di Eropa - 26 untuk Roma dan 74 untuk Liverpool.

6. Dominasi Liverpool di Premier League: top skorer Mo Salah (19 gol), Diogo Jota (12 gol), Sadio Mane (11 gol) dan raja assists Mo Salah (10 assists), Trent Alexander Arnold (10 assists), dan Andy Robertson (sembilan assists).

Breaking News Liverpool Premier League Leeds United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan