Liverpool 7-0 Man United: Seven Heaven The Reds dan Kekalahan Terparah Red Devils

Arief HadiArief Hadi - Senin, 06 Maret 2023
Liverpool 7-0 Man United: Seven Heaven The Reds dan Kekalahan Terparah Red Devils
Liverpool 7-0 Manchester United (@LFC)

BolaSkor.com - Manchester United menelan kekalahan terparah dari Liverpool sejak 1895 di laga bertajuk North West Derby. Pada pekan 26 Premier League Red Devils kalah telak 0-7 di Anfield, Minggu (05/03) malam WIB.

Tahun 2016, itulah terakhir kali Man United meraih kemenangan di Anfield yang notabene markas Liverpool. Pada laga ini Liverpool memainkan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan Mohamed Salah, Cody Gakpo, Darwin Nunez di depan.

Sementara Man United arahan Erik ten Hag menurunkan susunan pemain di final Piala Liga dalam taktik 4-2-3-1. Wout Weghorst dan Marcus Rashford di lini depan ditopang pergerakan Antony dan Bruno Fernandes.

Liverpool mendominasi permainan dan terus menekan Man United, belum lagi dengan pressing yang intens setiap kali pemain Man United memiliki penguasaan bola. Alhasil Man United tidak lama mengontrol bola dan membangun serangan.

Baca Juga:

Melawan Kebiasaan, Jurgen Klopp Turut Senang Marcus Rashford Tampil Gemilang

Sadio Mane: Liverpool Akan Bangkit bersama Jurgen Klopp

Eksodus Berlanjut, Keita dan Oxlade-Chamberlain Susul Firmino Tinggalkan Liverpool

Praktis Man United hanya mengandalkan serangan balik. Di laga ini juga sisi kanan pertahanan Man United sering mendapatkan tekanan karena penampilan buruk bek kanan, Diogo Dalot, yang acapkali meninggalkan posisi dan memberi keputusan buruk saat maju ke depan.

Benar saja, jelang turun minum Liverpool mencetak gol dan unggul 1-0 pada menit 43. Andy Robertson menarik Dalot keluar dari posisinya dan memberikan assist untuk Gakpo, yang mengelabui Raphael Varane dan mencetak gol. 1-0 Liverpool unggul sampai turun minum.

Situasi Man United tak bertambah baik di babak kedua. Malah yang terjadi justru pembantaian di Anfield dan penampilan horor dari lini belakang Man United. Pada menit 47 Darwin Nunez mencetak gol kala menerima assist dari Harvey Elliott dan memanfaatkan buruknya pertahanan Man United.

Tiga menit berselang, Gakpo menorehkan gol keduanya di laga ini ketika Mo Salah melewati Lisandro Martinez dan mengonversi umpan Mo Salah menjadi gol. 3-0 dan laga baru berjalan empat menit di babak kedua.

Erik ten Hag coba mengubah permainan Man United dengan memainkan Alejandro Garnacho dan Scott McTominay, menggantikan Wout Weghorts dan Fred. Pergantian itu tak mengubah apapun.

Pada menit 66 Mo Salah turut mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan horornya pertahanan Man United. Dari serangan balik, pertahanan Man United gagal menyapu bola dan bola diterima Mo Salah yang langsung menendang bola. 4-0.

Pergantian kembali terjadi di kedua tim dan Liverpool masih berusaha menjaga momentum pembantaian rival di North West Derby. Tiga gol pun tercipta dan Man United praktis hanya ingin menyelesaikan pertandingan.

Gol kelima Liverpool lahir di menit 75 dari gol kedua Nunez dan gol keenam tercipta di menit 83, dari gol kedua Mo Salah, yang mencetak gol ke-129 di Premier League untuk Liverpool. Keran gol Liverpool berlanjut.

Jelang laga bubar pemain yang baru masuk dari bangku cadangan, Roberto Firmino, turut mencatatkan namanya di papan skor kala menerima assist dari Mo Salah dan mencetak gol - gol perpisahan di laga ini karena di akhir musim Firmino akan pergi. Skor menjadi 7-0 dan bertahan hingga laga berakhir.

Itu jadi kekalahan terparah Man United di Premier League dan juga bagi Liverpool, mencatatkan kemenangan terbesar kontra Man United, melewati catatan 1895 kala mereka menang 7-1. Man United masih di urutan tiga dengan 49 poin dan Liverpool di peringkat lima dengan 42 poin.

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Andrew Robertson; Jordan Henderson (Stefan Bajcetic 78'), Fabinho, Harvey Elliott (Curtis Jones 85'); Mohamed Salah, Cody Gakpo, Darwin Nunez (Diogo Jota 78').

Pemain Cadangan: Caoimhin Kelleher, James Milner, Roberto Firmino, Curtis Jones, Diogo Jota, Konstantinos Tsimikas, Fabio Carvalho, Joel Matip, Stefan Bajcetic.

Pelatih: Jurgen Klopp

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Diogo Dalot, Raphael Varane, Lisandro Martinez (Tyrell Malacia 77'), Luke Shaw; Fred (Scott McTominay 58'), Casemiro (Marcel Sabitzer 77'); Antony, Bruno Fernandes, Marcus Rashford (Anthony Elanga 85'); Wout Weghorst (Alejandro Garnacho 58').

Pemain Cadangan: Tom Heaton, Harry Maguire, Tyrell Malacia, Marcel Sabitzer, Jadon Sancho, Aaron Wan-Bissaka, Anthony Elanga, Scott McTominay, Alejandro Garnacho.

Pelatih: Erik ten Hag

Premier League Liverpool Manchester United
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan