Liverpool Akan Menguji Catatan Impresif Pertahanan Arsenal

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 18 November 2021
Liverpool Akan Menguji Catatan Impresif Pertahanan Arsenal
Ben White dan Gabriel, dua pemain kunci di jantung pertahanan Arsenal (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal dalam momentum bagus di jeda internasional November dengan catatan 10 laga tak pernah kalah sejak Agustus lalu. Mikel Arteta menemukan formula tepat untuk timnya khususnya dengan catatan impresif di pertahanan.

Datangnya bala bantuan dari rekrutmen anyar seperti Takehiro Tomiyasu, Ben White, Nuno Tavares, hingga Aaron Ramsdale, memberikan dampak signifikan di balik kuatnya pertahanan Arsenal.

Dari 10 laga tak pernah kalah itu Arsenal mencatatkan tujuh clean sheets dan posisi klub terkatrol hingga urutan lima klasemen di Premier League, padahal sebelumnya tim London Utara berkutat di papan bawah klasemen.

"Clean sheets adalah tujuan tim. Saya tidak berpikir itu hanya bergantung kepada empat bek dan kiper, tapi juga keseluruhan tim," ucap Ben White yang direkrut dari Brighton & Hove Albion beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Bukan Liverpool, Marco Asensio Disarankan Hengkang ke Arsenal

Arsenal Hadapi Dilema dengan Nasib Nketiah dan Balogun

Aubameyang Cedera, Arsenal Harap-harap Cemas Sambangi Anfield

Ben White

Besarnya kontribusi pemain baru itu bisa dilihat dari catatan Ramsdale, kiper Arsenal asal Inggris kini mencatatkan clean sheets (lima kali) lebih dari jumlah kebobolan gol (empat kali) di Premier League untuk Arsenal per data 7 November lalu.

Begitu juga dengan Tomiyasu. Bek asal Jepang berusia 23 tahun direkrut dari Bologna sudah mencatatkan 692 menit penampilan di Premier League. Sejak memainkan debut pada 11 September kontra Norwich City, Tomiyasu punya nilai rata-rata per laga 2.50 (delapan terbaik di liga).

Plus kualitas defensifnya dengan rata-rata blok 1,94, sapuan bola 4,07, dan memenangi duel bola udara 3,49 per laga yang juga terbaik di liga.

Takehiro Tomiyasu

Kuatnya pertahanan Arsenal berlanjut di jeda internasional untuk pemain-pemain mereka dengan timnas. Kieran Tierney jadi pemain kunci kala Skotlandia menang 2-0 atas Moldova dan Denmark. Pun demikian Tomiyasu dengan Jepang ketika mengalahkan Vietnam dan Oman.

Pertahanan kuat Arsenal itu akan diuji oleh Liverpool di akhir pekan ini pada pekan 12 Premier League di Anfield, Minggu (21/11) pukul 00.30 dini hari WIB. Apalagi Arsenal terakhir menang di sana pada 2012.

“Ini jauh lebih baik dan selalu bagus bagi manajer atau tim mana pun untuk menang sebelum jeda internasional karena kami sekarang akan kehilangan 70 persen dari skuat," ucap Arteta beberapa waktu lalu.

"Mereka akan pergi ke tim nasional dan mudah-mudahan ketika mereka kembali, kami dapat mempertahankannya dan terus berlari," harap dia.

Breaking News Arsenal Liverpool Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan