Liverpool Bangun Pemusatan Latihan Seharga Rp 980 Miliar, Klopp Ikrar Janji Bertahan hingga 2020

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 21 September 2018
Liverpool Bangun Pemusatan Latihan Seharga Rp 980 Miliar, Klopp Ikrar Janji Bertahan hingga 2020
Jurgen Klopp dan Jordan Henderson di Melwood (Zimbio)

BolaSkor.com – Tahun ketiga Jurgen Klopp di Liverpool tidak hanya memperlihatkan perkembangan dari keseimbangan skuat, permainan yang lebih kolektif, dan juga kualitas individu di dalam skuat, namun juga meyakinkan jajaran direksi klub untuk mengembangkan proyek baru.

Liverpool saat ini tengah membangun pusat latihan baru seharga 50 juta poundsterling atau sekira Rp980 miliar. Nantinya, pusat latihan itu akan menyatukan latihan tim akademi dengan tim utama Liverpool dan berlokasi di Kirkby, bukan lagi Melwood.

Selama ini, pemain-pemain akademi Liverpool berlatih di Kirkby dan tim utama di Melwood. Meninggalkan Melwood bukan perkara mudah karena di sana banyak memori dan cukup emosional, karena sudah digunakan sebagai tempat berlatih tim utama Liverpool sejak 1959.

Manajer legendaris Liverpool, Bill Shankly mengubahnya menjadi pusat latihan top di Inggris. Ketua Operasi Liverpool, Andy Hughes, mengakui tidak mudah pergi meninggalkan Melwood pada 2020 mendatang. Namun, sebuah keputusan harus dibuat untuk masa depan yang lebih cerah.

“Hal ini (pindah dari Melwood) sudah didiskusikan klub dalam waktu yang sangat panjang, namun saya pikir fasilitas dibutuhkan di era sepak bola modern saat ini di Premier League. Kami harus membuat keputusan dan ini jelas keputusan yang tepat untuk menyatukan semuanya,” ucap Hughes di Sky Sports.

Dengan digabungnya skuat utama Liverpool dengan tim akademi, dengan fasilitas yang juga komplit dan mewah, diharapkan para pemain muda termotivasi untuk terus bekerja keras dan berharap bisa bermain di tim utama seperti Trent Alexander-Arnold dan Ben Woodburn.

Klopp menganggap pembangunan pusat latihan baru di Kirkby itu sebagai sebuah pernyataan besar dari klub dan juga pemilik klub. Ia pun dengan tegas mengutarakan keyakinannya tetap bertahan di Liverpool sampai pembangunan pusat latihan itu berakhir dalam waktu dua tahun ke depan.

“Ini benar-benar pernyataan besar dari klub dan juga pemilik klub. Saya sangat bahagia kami memulai (proyek tersebut). Melwood merupakan tempat yang indah, tapi menyatukan semuanya bersama merupakan langkah masa depan yang kami semua butuhkan,” tambah Klopp.

“Kami semua yakin mengenainya dan bagi saya, khususnya ketika saya mendengar kami mulai (menggunakannya) pada 2020, kami punya kesempatan menggunakannya. Cukup jarang seorang manajer dapat berencana sejauh itu, tapi saya cukup optimistis bahwa saya akan ada di sini ketika kami mulai menggunakan fasilitas (baru). Ini hari yang menyenangkan,” pungkasnya.

Breaking News Liverpool Jurgen Klopp
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan