BolaSkor.com - Sikap tegas diambil Liverpool jelang datangnya jeda internasional pada September mendatang. The Reds melarang Mohamed Salah untuk memperkuat Timnas Mesir.

Jeda internasional terbaru akan berlangsung pada 30 Agustus hingga 8 September mendatang. Sejumlah negara dijadwalkan berlaga pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada periode tersebut, Mesir akan melakoni babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika kontra Gabon dan Angola. Ini merupakan fase krusial untuk menyegel satu tiket ke putaran final.

Baca Juga:

Kritik Wasit, Klopp Ramal Potensi Kemunduran di Premier League

Liverpool Perpanjang Kontrak Empat Pemain, Peringatan untuk Mo Salah

Klub Vs FIFA, Jurgen Klopp Pening Ditinggal Andalan

Mohamed Salah

Mesir tentu ingin menyapu bersih dua laga tersebut. Untuk mewujudkannya, mereka butuh kehadiran para pemain terbaik termasuk Salah.

Namun rencana Federasi sepak bola Mesir memanggil Salah mendapat respons negatif dari Liverpool. Kubu Merseyside Merah menolak melepas salah satu pemain kuncinya karena terbentur kebijakan pemerintah terkait aturan bepergian di masa pandemi.

"Asosiasi Sepak Bola Mesir telah menerima surat dari Liverpool FC yang meminta maaf atas ketidakmampuan pemainnya, Mohamed Salah, untuk bergabung dengan tim nasional di pemusatan latihan berikutnya, termasuk menghadapi Angola di Kairo dan Gabon di Franceville pada babak kualifikasi Piala Dunia zona Afrika," bunyi pernyataan resmi federasi sepak bola Mesir.

“Surat klub Inggris tersebut merujuk pada tindakan pencegahan yang diterapkan di Inggris untuk menghadapi wabah virus Corona di dunia, yang menempatkan mereka yang kembali dari beberapa negara dalam isolasi kesehatan wajib untuk jangka waktu sepuluh hari setelah mereka kembali ke Inggris."

Melepas Salah ke Mesir memang bisa berdampak buruk bagi Liverpool. Sang pemain hampir pasti akan absen dalam lanjutan Premier League karena harus menjalani masa karantina selama sepuluh hari.

Namun asosiasi sepak bola Mesir tak habis akal. Mereka meminta solusi dari FIFA terkait masalah ini.

Biar bagaimanapun kepentingan klub dan timnas sama pentingnya. FIFA bahkan punya aturan tegas terkait pemanggilan pemain ke timnas meski sedikit dilonggarkan selama masa pandemi.

Menariknya, kebijakan yang sama juga dikeluarkan Liverpool untuk tiga legiun Amerika latin. Trio Roberto Firmino, Alisson, dan Fabinho kemungkinan besar akan absen membela Timnas Brasil pada periode yang sama.

Bukan tidak mungkin kebijakan yang sama juga akan diterapkan klub-klub Premier League lainnya. Klub lain juga memiliki pemain yang berasal dari luar benua Eropa.