Liverpool Rasakan Tuah Positif Kedatangan Spesialisasi Lemparan Bola ke Dalam

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 08 September 2018
Liverpool Rasakan Tuah Positif Kedatangan Spesialisasi Lemparan Bola ke Dalam
Joe Gomez saat melakukan lemparan ke dalam (Zimbio)

BolaSkor.com – Jangan pernah menyepelekan suatu peran yang acapkali dianggap tidak penting atau kecil. Seringkali, peran ‘kecil’ itu bisa menjadi vital atau penting dalam suatu kesuksesan besar. Hal ini terjadi di Liverpool.

The Reds menyapu bersih empat laga awal Premier league dengan kemenangan melawan West Ham United (4-0), Crystal Palace (2-0), Brighton & Hove Albion (1-0), dan Leicester City (2-1). Liverpool seolah mempertegas status mereka sebagai salah satu kandidat juara Premier League musim ini, setelah musim lalu mencapai final Liga Champions.

Keseriusan mereka untuk meraih trofi musim ini setelah tiga tahun tak meraihnya di era Jurgen Klopp, dapat dilihat dari rekrutan di musim panas: Fabinho, Naby Keita, Xherdan Shaqiri, dan Alisson Becker. Tidak hanya itu, mengevaluasi dari hasil musim lalu, Klopp melihat ada keperluan untuk timnya merekrut spesialis lemparan bola ke dalam, Thomas Gronnemark.

Peran itu terlihat kecil dalam ruang lingkup pertandingan sepak bola yang besar, tetapi, tidak bisa dipandang sebelah mata karena sebuah lemparan bola ke dalam kerapkali berbuah gol. Pria asal Denmark itu datang untuk membenahi kekurangan musim lalu, di mana lemparan ke dalam para pemain Liverpool seringkali direbut lawan.

Liverpool merasakan perbedaan sejak kedatangan Gronnemark. Hal tersebut diungkapkan oleh bek kiri asal Skotlandia, Andrew Robertson.

“Kami memulai serangan ketika melakukan lemparan ke dalam – semuanya ada di posisi yang lebih baik hingga kami (pelempar bola) lebih mudah mencarinya (rekan setim), dan teknik pemain juga lebih baik. Kami semua diukur dan saya salah satu yang terburuk, tapi sejak dia (Gronnemark) datang saya pikir saya bisa melempar lebih sampai enam meter,” tutur Robertson di ESPN.

“Kami semua belajar dan berkembang serta lebih akurat. Saya pikir ini hal positif dan jelas semua ini bekerja untuk kami. Manajer mungkin kembali melihat hasil musim lalu dan terlihat jauh lebih akurat. Saya pikir ini hal positif dan jelas bekerja untuk kami.”

“Melihat hasil musim lalu, positifnya adalah kami mencapai final Liga Champions dan finish di empat besar. Namun hal negatifnya adalah, dia (Klopp) melihat kami terlalu mudah kehilangan penguasaan ketika melakukan lemparan ke dalam. Ini efektif seperti halnya operan,” pungkas eks pemain Hull City tersebut.

Melihat peran besar Gronnemark itu, jangan heran jika Anda kelak melihat salah satu dari pemain Liverpool melempar bola ke dalam layaknya Rory Delap: lemparan jauh dan kencang yang seringkali berbuah assist terciptanya gol.

Breaking News Liverpool Andrew Robertson Liga Champions Premier League Jurgen Klopp
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan