Liverpool Tak Bisa Ulangi Dominasi Premier League seperti Man United di Era Sir Alex Ferguson

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 18 Januari 2020
Liverpool Tak Bisa Ulangi Dominasi Premier League seperti Man United di Era Sir Alex Ferguson
Jurgen Klopp (Twitter)

BolaSkor.com - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, menilai sulit bagi timnya untuk mengulangi dominasi Premier League yang pernah dilakukan oleh Manchester United ketika ditangani selama 26 tahun oleh Sir Alex Ferguson. Klopp menilai klub-klub lain kini juga kuat dari segi finansial.

Man United meraih total 20 titel Premier League dan 11 di antaranya diraih ketika masih ditangani oleh Sir Alex Ferguson pada medio 1986 hingga 2013. Kini, Liverpool berada di posisi Man United seiring peningkatan performa mereka di bawah arahan Klopp.

Lima tahun melatih Liverpool, Jurgen Klopp telah mempersembahkan tiga titel: Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub. Musim ini, dengan catatan tak pernah kalah, Liverpool berpeluang mengakhiri dahaga titel Premier League yang terakhir diraih pada 1990 (masih dengan format Divisi Satu).

Kendati demikian, Klopp menilai sulit bagi Liverpool untuk menjadi Man United di era Sir Alex Ferguson. Dominasi yang ditunjukkan Red Devils itu sulit terjadi di era sepak bola modern

Baca Juga:

Prediksi Michael Owen soal Laga Liverpool Vs Manchester United

Manchester United Acapkali Jadi Momok bagi Liverpool

Trisula Man United Lebih Tajam dari Liverpool, Solskjaer Beri Perbandingan Trio Tevez-Ronaldo-Rooney

Sir Alex Ferguson

"Sejujurnya, saya tidak berpikir itu mungkin untuk mencapai tingkat dominasi mereka lagi," tutur Jurgen Klopp, dilansir dari Goal.

"Sekarang lebih mungkin bahwa klub-klub lain akan bersaing untuk hal-hal yang berbeda karena kekuatan finansial banyak tim."

"Perubahan atas dan ke bawah dari skuad saat ini (kita lihat sekarang) berarti dominasi seperti Liverpool dan United sebelumnya tidak mungkin," tambah manajer asal Jerman.

Jurgen Klopp pun merendah ketika dibandingkan dengan Sir Alex Ferguson. Klopp mengaku pernah punya pengalaman yang sama ketika dirinya melatih Borussia Dortmund di masa lalu.

"Saya tidak membaca hal-hal ini (perbandingan dengan Sir Alex Ferguson). Tidak terasa 'ooh' karena itu adalah Sir Alex Ferguson. Saya tidak peduli," imbuh Klopp.

“Saya memiliki situasi yang sama di Dortmund pada 2011 saat kami secara mengejutkan bagus dan pertanyaan-pertanyaannya serupa dan semua kisahnya positif secara sensasional. Saya hampir bisa berjalan di atas air (menjalani hal yang mustahil dilakukan)."

“Apa pun perbandingan yang dibuat, saya hanya akan memikirkan lama setelah karier saya berakhir. Itu tidak mempengaruhi saya dan sejauh ini, itu tidak mempengaruhi anak-anak."

Jurgen Klopp

Lebih lanjut menurut Klopp, Liverpool bisa bagus saat ini karena proses berkelanjutan yang efektif, khususnya dalam proses rekrutmen pemain-pemain di bursa transfer.

"Kami telah membuat beberapa keputusan bagus dan itulah sebabnya kami menjadi lebih baik dan para pemain kami menjadi lebih baik, itu sebabnya kami meningkat," tambah Klopp.

"Tapi, saya katakan tim seperti Leicester memiliki kekuatan yang tepat saat ini dengan enam (tim) tipikal teratas dan itu membuatnya semakin sulit."

"Saya tidak akan mengatakan United di kejayaan mereka memenangkan banyak pertandingan dengan skor 4-0 atau 5-0, tetapi mereka dapat diprediksi menang, dan itu jelas."

"Kami memenangkan banyak pertandingan 1-0 atau 2-1 dan harus benar-benar berjuang untuk melakukannya, jadi saya tidak melihat hal-hal seperti ini (perbandingan dengan United era Ferguson)," pungkas Klopp.

Breaking News Liverpool Manchester United Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan