Liverpool Vs Newcastle, Mantan Bukan Kata yang Indah untuk Rafael Benitez

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 25 Desember 2018
Liverpool Vs Newcastle, Mantan Bukan Kata yang Indah untuk Rafael Benitez
Jurgen Klopp dengan Rafael Benitez (Zimbio)

BolaSkor.com - Liverpool akan coba mempertahankan rekor unbeaten (tidak pernah kalah) Premier League ketika menjamu Newcastle United di Anfield, Rabu (26/12) pukul 22.00 WIB. The Reds saat ini kokoh di puncak klasemen.

Liverpool asuhan Jurgen Klopp mengoleksi 48 poin dan terpaut empat poin dari rival terdekat, Manchester City. Ketika Man City, juara bertahan, sudah dua kali menelan kekalahan dari Chelsea (0-2) dan Crystal Palace (2-3), catatan Liverpool masih mulus.

Melawan Newcastle yang belum aman dari zona degradasi dan berada di peringkat 15 klasemen, Liverpool jadi tim favorit pemenang. Apalagi, mereka didukung statistik penunjang berupa fakta: Liverpool tak pernah kalah di laga kandang Premier League di boxing day.

Terakhir, Liverpool menelan kekalahan kandang di boxing day terjadi di musim 1986-87. Liverpool kalah 0-1 dari Manchester United. Setelahnya, Liverpool delapan kali menang dan imbang tiga kali tiap bermain di Anfield sehari setelah Hari Natal.

Baca Juga:

Siklus Lima Tahun dan Kutukan Liverpool Puncaki Klasemen Premier League saat Natal

Pimpin Klasemen Premier League, Eks Manajer Ramal Liverpool Tak Juara

Liverpool

Bukan cuma unbeaten di Premier League, Liverpool juga tidak pernah kalah di seluruh kompetisi dalam 22 laga kandang terakhir melawan Newcastle. Catatannya 18 kemenangan dan empat hasil imbang. Kekalahan terakhir terjadi pada 1995 di Piala Liga.

Laga nanti juga spesial bagi Rafael Benitez, manajer Newcastle. Benitez, 58 tahun, pernah jadi pelatih Liverpool pada medio 2004-2010, dengan capaian terbesarnya titel Liga Champions di tahun 2005.

Rafael Benitez dengan titel Liga Champions 2005

Bagi publik Anfield, Benitez manajer favorit mereka. Klopp memahami hal tersebut dan menuturkan respeknya kepada pelatih yang juga pernah melatih Napoli dan Real Madrid tersebut.

"Saya pikir suporter klub ini terkenal tidak melupakan orang-orang yang melakukan pekerjaan dengan sangat hebat di sini. Bukan hanya Rafa, tapi ini Rafa karena dia masih di Premier League dan hidup di Inggris, dia jadi scouser sesungguhnya yang mana cukup langka bagi pria asal Spanyol," tutur Klopp di Sky Sports.

"Saya menyukainya, dia manajer yang fantastis dan orang yang benar-benar baik. Saya bahagia untuknya karena menerima sambutan yang baik. Menyenangkan, itu menunjukkan bahwa fans Liverpool tidak mudah lupa," paparnya.

Sayang, menghadapi mantan bukanlah hal yang indah bagi Benitez. Dalam tiga laga tandang terakhir Benitez di Anfield melawan Liverpool, ia tak pernah menang dengan dua hasil imbang dan satu kekalahan.

Breaking News Liverpool Premier League Newcastle United Anfield Rafael Benitez
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.110

Bagikan